PENGARUH MOTIVASI KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN TINGKAT PENGHASILAN GURU TERHADAP KINERJA GURU NEGERI PADA SD SE KECAMATAN SIDOHARJO, KABUPATEN SRAGEN

LISMIYATI , LISMIYATI (2005) PENGARUH MOTIVASI KERJA, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN TINGKAT PENGHASILAN GURU TERHADAP KINERJA GURU NEGERI PADA SD SE KECAMATAN SIDOHARJO, KABUPATEN SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100030101.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
Q100030101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru, 2) besarnya pengaruh tingkat pendidikan terhadap kinerja guru, pengaruh tingkat penghasilan terhadap kinerja guru, 3), dan 4) pengaruh Motivasi Kerja Guru, Tingkat Pendidikan Guru, dan Tingkat Penghasilan terhadap Kinerja Guru pada SD se Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen. Tempat penelitian di SD se Kecamatan Sidoharjo, Sragen , dengan populasi sejumlah 214 orang dan sampel sebanyak 136 orang. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptip kuantitatif dan penelitian korelasi bidang pendidikan. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dengan teknik angket/kuesioner dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket dan diujicobakan terhadap 20 orang guru di SD yang tergabung dalam Gugus 1 UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Sidoharjo. Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product moment dengan hasil, dari 25 butir item dalam angket kinerja guru, 23 butir dinyatakan valid, dari 25 butir item dalam angket motivasi kerja guru, 23 butir dinyatakan valid. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Alpha, dengan hasil; angket kinerja diperoleh r = 0,9230; angket motivasi kerja guru diperoleh r =0,9073. kedua variabel tersebut setelah dikonsultasikan dengan tabel nilai interpretasi r memiliki reliabilitas tinggi. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji homoskedastisitas. Berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh nilai signifikansi 0,199 > 0,05 batas signifikansi, berarti data kinerja guru berdistribusi normal. Dari uji linearitas hubungan diperoleh harga: 1) Fhitung X1Y = 0,954; harga p = 0,388; 2) Fhitung X2Y = 1,130; harga p = 0,326; 3) Fhitung X3Y = 1,220; harga p = 0,215. Sedangkan harga Ftabel = 2,60; jadi seluruh harga Fhitung <2,60 dan seluruh p > 0,05 berarti hubungan antara variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y) linear sehingga dapat dipakai untuk meramalkan analisis regresi. Uji multikolinearitas dengan korelasi product moment diperoleh harga 2 1X X r = 0,132; harga 3 1X X r = 0,290; harga 3 2 X X r = 0,254. Seluruh harga r di bawah 0,80 atau r < 0,80 berarti tidak terjadi gejala multikolinearitas. Dari uji t diperoleh harga 1 hitungX t = 2,736; nilai koefisiensi = 0,007; harga 2 hitungX t = 5,574; nilai koefisiensi = 0,000; harga 3 hitungX t = 11,008; nilai koefisiensi = 0,000. Dengan demikian semua variabel bebas (X) secara parsial berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel terikat (Y) dengan tingkat kepercayaan 95%. Uji anova diperoleh harga hitung F =95,973 dengan nilai signifikansi 0,000; berarti seluruh variabel bebas (X) secara simultan berpengaruh posisitif secara signifikan terhadap variabel terikat (Y), dengan tingkat kepercayaan 95%. Sumbangan Efektif (SE) 1 X = 1,6%; (SE) 2 X = 13,4%; (SE) 3 X = 52,6%; sedangkan Sumbangan Relatif (SR) 1 X = 2,37%; (SR) 2 X = 19,82,6%; (SR) 3 X = 77,81%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, tingkat pendidikan, tingkat penghasilan, dan kinerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 May 2010 04:02
Last Modified: 15 Nov 2010 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7011

Actions (login required)

View Item View Item