PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI DAN PENDIDIKAN-PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TUTOR KEJAR PAKET C SETARA SMA DI KOTA SALATIGA

SUBROTO , SUBROTO (2005) PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI DAN PENDIDIKAN-PELATIHAN TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA TUTOR KEJAR PAKET C SETARA SMA DI KOTA SALATIGA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100030091.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
Q100030091.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi terhadap produktivitas kerja tutor kejar paket C seta ra SMA di Kota Salatiga; 2) pengaruh kompetensi bidang terhadap produktivi tas kerja tutor kejar paket C seta ra SMA di Kota Salatiga; 3) pengaruh pendidikan pelatihan terhadap produktivitas kerja tutor kejar paket C setara SMA di Kota Sa latiga di Kota Salatiga ; dan 4) pengaruh motivasi, kompetensi dan pendidikan pelatihan secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja tutor kejar paket C setara SMA di Kota Salatiga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di wilayah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Salatiga, selama bulan April 2005 sampai dengan Juni 2005. Populasi dalam penelitian ini adalah tutor yang mengajar di kejar paket C setara SMA di Kota Salatiga yang berjumlah 70 orang dengan latar pendidikan Diploma dan S 1. Sampel dal am penelitian berjumlah 59 responden yang dipilih secara random sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan teknik kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda dengan tiga prediktor. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) terdapat yang signifikan motivasi terhadap produktivitas kerja Tutor Kejar Paket C setara SMA di Kota Salatiga tahun 2005. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien uji parsial variabel motivasi (X1), dengan nilai t = 3,029 pada p = 0,004. 2) terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi terhadap produktivitas kerja Tutor Kejar Paket C setara SMA di Kota Salatiga tahun 2005. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien uji parsial variabel kompetensi (X2), dengan nilai t = 5,165 pada p = 0,000. 3) terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan-pelatihan terhadap produktivitas kerja Tutor Kejar Paket C setara SMA di Kota Salatiga tahun 2005. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya koefisien uji parsial variabel pendidikan - pelatihan (X3), dengan nila i t = 3,127 pada p = 0,003. 4) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi, kompetensi, pendidikan-pelatihan secara bersama-sama terhadap produktivitas kerja Tutor Kejar Paket C setara SMA di Kota Salatiga tahun 2005. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan uji F, dimana diperoleh nilai Fhitung = 47,524 dengan tingkat signifikansi 0,000 (p). Motivasi, kompetensi dan pendidikan-pelatihan secara bersama-sama berpengaruh terhadap produktivitas kerja Tutor Kejar Paket C setara SMA di Kota Salatiga. Koefisien determinasi (R2 ) diperoleh sebesar 0,722 menunjukkan bahwa ketiga prediktor menentukan variabilitas produktivitas kerja Tutor sebesar 72,20%, sedangkan sisanya sebesar 27,80% dipengaruhi oleh variabel -variabel lain di luar model ini.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi , Kompetensi, pendidikan-pelatihan dan produktivitas kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 May 2010 04:47
Last Modified: 15 Nov 2010 07:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7007

Actions (login required)

View Item View Item