BUDAYA KINERJA PEMBELAJARAN GURU DI SMP NEGERI 2 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI

HARWANTO, GATOT (2005) BUDAYA KINERJA PEMBELAJARAN GURU DI SMP NEGERI 2 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100020063.pdf

Download (91kB)
[img] PDF
Q100020063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari manus ia. Pendidikan bagi manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. Tanpa pendidikan, sama sekali mustahil suatu kelompok manusia dapat hidup berkembang sejalan dengan aspirasi (cita-cita) untuk maju, sejahtera dan bahagia menurut konsep pandangan hidup mereka. Tercapainya kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan yang baik, tidak dapat berjalan tanpa adanya guru. Dalam proses pengajaran, faktor pendidik merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan bagi keberhasilan peserta di dik dalam belajar. Mendidik merupakan suatu perbuatan yang kompleks, karena dituntut daripadanya kemampuan personal, profesional, dan sosio kultural secara terpadu dalam proses belajar mengajar. Dikatakan kompleks karena dituntut daripadanya integrasi penguasaan mater dan metode, teori dan praktek dalam interaksi dengan peserta didik. Dengan demikian, menjadi keharusan bagi seorang pendidik untuk mempelajari, memahami dan memahami hal -hal yang berkaitan dengan pendidikan dan proses belajar mengajar. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah 1) U ntuk mengetahui budaya disiplin kerja guru di SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali, 2) Untuk mengetahui budaya kode etik guru di SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kua litatif naturalistik alamiah yaitu penelitian yang lebih menekankan pada kealamiahan sumber data sehingga dalam penyajian data dapat dijelaskan secara alamiah sesuai keadaan penelitian sebenarnya. Penelitian ini dilaksanakan pada guru di SMP Negeri 2 Sawit Kabupaten Boyolali. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam, metode observasi dan metode dokumentasi , kemudian dianalisis dengan menggunakan metode triangulation. Hasil pengumpulan data, diperoleh bahwa budaya disiplin kerja guru SMP Negeri 2 Sawit sudah sesuai dengan Undang-undang No. 20 tahun 2003 dan kode etik guru serta standar profesionalisme guru seperti pendapat-pendapat para ahli. Hasil ini dapat dibuktikan bahwa sebagian besar guru SMP Negeri 2 Sawit sudah memenuhi kriteria-kriteria yang telah disepakati dalam kode etik guru baik kompetensi pribadi, kompetensi profesional, kompetensi khusus, dan kompetensi dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Budaya disiplin kerja guru, kode etik guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 15 May 2010 03:04
Last Modified: 15 Nov 2010 07:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7001

Actions (login required)

View Item View Item