PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA KANTOR PEGADAIAN YOGYAKARTA

WIDODO, JOKO (2005) PENGARUH PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH PADA KANTOR PEGADAIAN YOGYAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Hal_Muk.pdf

Download (82kB)
[img] PDF
P100030050_Joko_Widodo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (947kB)

Abstract

Keberadaan Pegadaian juga ditujukan untuk membantu masyarakat golongan ekonomi lemah. Berdasarkan uraian tersebut misi Pegadaian sebagai suatu lembaga yang mempunyai peran dalam meningkatkan perekonomian rakyat dengan cara memberikan uang pinjaman berdasarkan hukum gadai kepada masyarakat kecil, meminimalkan beban masyarakat dari praktek pinjaman uang dengan bunga yang tidak wajar. Rumusan permasalahan sebagai berikut: 1) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara dimensi kualitas (Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy, Tangibles ) terhadap kepuasan konsumen Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta? 2) Dimensi kualitas jasa manakah yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta? Tujuan dalam penelitian ini, adalah : 1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara semua dimensi kualitas jasa dengan kepuasan konsumen Kantor Pegadaian Yogyakarta; 2) Untuk mengetahui dimensi kualitas jasa yang paling dominan pengaruhnya terhadap kepuasan konsumen Kantor Pegadaian Yogyakarta. Manfaat penelitian ini adalah : 1) memberikan masukan ke Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta selaku objek penelitian untuk dapat mengetahui dan mengevaluasi hal-hal apa saja yang harus dibenahi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang berorientasi pada kepuasan konsumen yang mendukung keberhasilan usaha; 2) Dapat meningkatkan kemampuan meneliti; 3) Manfaat teoritis; 4) Dapat digunakan sebagai bahan referensi bagi peneliti lain yang akan mengadakan penelitian yang berhubungan dengan masalah yang sama. Variabel independent yang terdiri dari responsiveness, assurance, tangibles, empathy, dan reliability, secara bersama-sama berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. Artinya tingkat kepuasan nasabah ditentukan bagaimana ketanggapan, jaminan, tampilan fisik, perhatian dan keandalan pegawai pegadaian dalam memberikan pelayanan kepada nasabah. Bahwa hubungan dan pengaruh yang dapat dijelaskan oleh responsiveness, assurance, tangibles, empathy, dan reliability, terhadap tingkat kepuasan nasabah sebesar 99,3%, atau hampir 100%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor diluar model. ABSTRACT Existence of pawnshop office is also addressed to assist the weak economic faction society. Pursuant to the description of mission of pawnshop office as a institute having role in improving people economics by giving loan money of pursuant to lien to small society, minimization of society burden from practice of money loan with the factious flower. The following problems formula 1) Whether there are influence which significant of among/between quality dimension (Responsiveness, Reliability, Assurance, Empathy, Tangibles) to Regional Pawnshop consumer satisfaction of Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta 2) Dimension of most dominant service Quality of its influence to Regional Pawnshop consumer satisfaction of Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta? Target in this research, is 1) To know there is do not it him influence which significant of among/between all dimension of service quality with the satisfaction of consumer of Pawnshop Kanto Pegadaian Wilayah Yogyakarta 2) To know the most dominant service quality dimension of its influence to satisfaction of consumer of Pawnshop Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta. this Research Benefit is 1) giving input to Regional Pawnshop of Kantor Pegadaian Wilayah Yogyakarta as research object to can to know and evaluate the things of any kind of which must be corrected to increase service quality orienting at consumer satisfaction supporting effort efficacy 2) Can improve the ability check the 3) Theoretical benefit 4) Serve the purpose of reference substance for other; dissimilar researcher to perform a the research of which deal with same problem. Variable independent consisted of by the responsiveness, assurance, tangibles, empathy, and reliability, by together have an effect on to client satisfaction. Its meaning mount the client satisfaction determined by how response, guarantee, physical appearance, attention and reliability of officer of pawnshop office in giving service to client. That relation and influence which can be explained by responsiveness, assurance, tangibles, empathy, and reliability, to level of client satisfaction of equal to 99,3%, or almost 100%, while the rest explained by factor of outside model.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pengaruh pelayanan, kepuasan nasabah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 14 May 2010 08:02
Last Modified: 15 Nov 2010 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6993

Actions (login required)

View Item View Item