ANALISIS PERSEPSI PENGELOLA AKADEMIK DITINJAU DARI FAKTOR-FAKTOR KRITIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN INTEGRASINYA KE DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA

SUGIYARMASTO, SUGIYARMASTO (2006) ANALISIS PERSEPSI PENGELOLA AKADEMIK DITINJAU DARI FAKTOR-FAKTOR KRITIS TOTAL QUALITY MANAGEMENT DAN INTEGRASINYA KE DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN TINGGI SWASTA DI SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040068.pdf

Download (865kB)
[img] PDF
P100040068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan peraturan mengenai mata kuliah/bahan kajian dan pelajaran. Komponen Total Quality Management (TQM) dapat menunjang menuju proses tercapainya penyampaian kurikulum di PTS diantaranya: fokus/kepuasan pelanggan, manajemen kualitas proses, perencanaan strategik, kepemimpinan, manajemen SDM, peran manajer, informasi dan analisis ke dalam kurikulum. Dalam penelitian ini adalah penyampaian secara implisit falsafah dan prinsip TQM oleh staff pengajar ke dalam kurikulum inti maupun lokal. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara persepsi pengelola akademik tentang faktor-faktor kritis Total Quality Management pendidikan tinggi (yang meliputi: tekanan dari luar agar TQM diadopsi ke dalam perguruan tinggi, kesadaran serta sikap pengelola akademik dan kontribusi TQM dalam praktek manejemen) dan integrasinya ke dalam kurikulum. Penelitian ini menggunakan data primer diperoleh langsung dari responden yang berupa data mengenai tekanan dari luar untuk mengadopsi TQM, kesadaran dan sikap terhadap prinsip TQM, kontribusi TQM terhadap praktek manajemen dan integrasi TQM ke dalam kurikulum. Data sekunder diambil dari sumber-sumber tertulis yang ada kaitannya dengan TQM untuk mendukung data primer. Untuk mencari hubungan antar variabel yang peneliti gunakan yaitu variabel tekanan dari luar untuk mengadopsi TQM, variabel kesadaran dan sikap terhadap prinsip TQM, variabel kontribusi TQM, terhadap praktek manajemen, dan variabel integrasi TQM ke dalam kurikulum digunakan teknik korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan hasil korelasi product moment dapat disimpulkan bahwa pada tingkat signifikan 0,05, terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi pengelola akademik tentang tekanan dari luar untuk mengadopsi TQM dan pengintegrasian TQM ke dalam kurikulum yang ditunjukkan oleh nilai rhitung sebesar 0,483. Uji korelasi juga menunjukkan bahwa antara persepsi pengelola akademik tentang kesadaran serta sikap pengelola akademik terhadap prinsip TQM dan pengintegrasian TQM ke dalam kurikulum terdapat hubungan yang signifikan yang ditunjukkan oleh nilai rhitung sebesar 0,306. Hasil perhitungan koefisien korelasi antara persepsi pengelola akademik tentang kontribusi TQM dalam praktek manajemen dan pengintegrasian TQM ke dalam kurikulum sebesar 0,499 yang berarti signifikan. Sedangkan persepsi pengelola akademik tentang tekanan dari luar untuk mengadopsi TQM dan kesadaran serta sikap pengelola akademik terhadap prinsip TQM menghasilkan rhitung sebesar 0,306 artinya terdapat hubungan bermakna antara kedua variabel tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Integrasi, kesadaran, kinerja, kompetitif, kompetensi, BAN, Muatan Inti, Muatan Lokal
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 14 May 2010 03:44
Last Modified: 15 Nov 2010 07:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6977

Actions (login required)

View Item View Item