ANALISIS KUALITAS JASA PELAYANAN AGEN PERJALANAN TRAVEL DI SURAKARTA

SUKOWATI , L. HERU (2006) ANALISIS KUALITAS JASA PELAYANAN AGEN PERJALANAN TRAVEL DI SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040061.pdf

Download (250kB)
[img] PDF
P100040061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)

Abstract

Fenomena bisnis sekarang ini memasuki persaingan global yang sangat ketat. Fenomena ini terjadi bukan hanya terbatas pada industri tertentu tetapi hampir semua kegiatan industri termasuk industri jasa pengangkutan darat. Perubahan ini pada gilirannya akan mempengaruhi strategi operasional industri jasa pengangkutan darat. Persaingan yang dialami perusahaan pengangkutan darat saat ini sudah mengarah pada persaingan harga, dengan sejumlah uang yang sama mereka menawarkan produk yang sama. Mereka yang berhasil mendapat pelanggan yang banyak adalah mereka yang mampu menyediakan sesuatu yang sesuai dengan keinginan pelanggan. Dalam kualitas layanan jasa pengangkutan darat ini apakah konsumen sudah merasa puas atau belum, dengan adanya persaingan harga seperti saat ini. Populasi yang akan diteliti adalah seluruh penumpang yang menggunakan jasa pengangkutan umum travel dengan usia 16 tahun ke atas, yang pada saat itu sedang melakukan perjalanan. Populasi ditujukan pada saat responden sedang menikmati layanan akan lebih baik dibandingkan dengan pada saat responden tidak sedang menikmati layanan yang diberikan. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 120 orang penumpang angkutan umum travel yang mana jumlah ini sudah sangat mencukupi. Alat analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda dengan diperkuat uji asumsi klasik. Persamaan regresi yang dihasilkan sebagai berikut; Y = 0,176 + 0,186 X1 + 0,04436 X2 + 0,317 X3 + 0,166 X4 + 0,275 X5 + ∈, koefisien determinasi R² = 0,717 dan uji F = 50,059. Analisis data dalam penelitian ditemukan bahwa variabel dimensi kualitas yang paling dominan mempengaruhi adalah variabel keyakinan yaitu responden mempunyai persepsi yang baik tentang karyawan agen perjalanan umum tentang kemampuannya dalam melaksanakan pekerjaan dengan baik. Responden juga merasa bahwa agen perjalanan yang dipilih selama ini atau pada saat ini sudah sesuai dan dapat dipercaya reputasinya. Variabel dimensi kualitas yang kedua yang dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah keberwujudan atau bukti langsung yang berarti bahwa fasilitas yang dimiliki oleh agen perjalanan umum telah memadai baik secara teknologi dan kebaruannya, kelihatan menarik, para pegawainya juga mengenakan pakaian yang rapi dan berseragam.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Dimensi Kualitas, Pelayanan Travel Kualitas Jasa.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 14 May 2010 03:21
Last Modified: 15 Nov 2010 07:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item View Item