ANALISIS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BIRO PERJALANAN UMUM DI SURAKARTA

ISTIYANTO , Budi (2006) ANALISIS TERHADAP FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA BIRO PERJALANAN UMUM DI SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040053.pdf

Download (203kB)
[img] PDF
P100040053.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)

Abstract

Dinamika perubahan lingkungan bisnis yang berkembang sangat cepat telah mengakibatkan semakin ketatnya tingkat persaingan dalam dunia bisnis. Kondisi ini memaksa berbagai perusahaan untuk dapat menemukan sebuah solusi atau strategi yang tepat untuk mencapai keunggulan kompetitif dengan harapan agar perusahaan dapat bertahan dan memenangkan persaingan. Dari keseluruhan strategi yang diterapkan, peningkatan kualitas jasa tentunya memiliki posisi yang strategis. Kualitas dari jasa yang ditawarkan merupakan salah satu tolok ukur dasar pertimbangan keputusan konsumen dalam mengkonsumsi suatu jasa. Proses perbaikan dan peningkatan kualitas jasa secara berkesinambungan perlu untuk senantiasa dilakukan. Adapun permasalahan penelitian dirumuskan “apakah faktor-faktor komunikasi, kepuasan konsumen, reputasi perusahaan, dan komitmen perusahaan berpengaruh terhadap keputusan konsumen”. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sebanyak 124 orang penumpang yang dijumpai dan diminta mengisi angket. Alat analisis dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil analisis data didapatkan, untuk variabel komunikasi didapat nilai t- hitung sebesar 2,179, variabel kepuasan konsumen sebesar 3,719, variabel reputasi perusahaan sebesar 0,442 dan variabel komitmen perusahaan sebesar 2,437. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa faktor-faktor pembangun kepercayaan konsumen yang terdiri dari komunikasi (X1), kepuasan konsumen (X2), dan komitmen perusahaan (X4) mempunyai nilai lebih besar dari ttabel sebesar 1,984, maka secara individu berpengaruh terhadap keinginan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dengan Biro Perjalanan Umum di Surakarta (Y). Hanya satu variabel saja yang tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu variabel reputasi perusahaan (X3). Dari perhitungan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 36,134 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,45. Dengan demikian dapat diartikan bahwa faktor-faktor pembangun kepercayaan konsumen yang terdiri dari komunikasi, kepuasan konsumen, reputasi perusahaan, dan komitmen perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap keinginan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dengan Biro Perjalanan Umum di Surakarta. Dengan melihat koefisien beta X2 sebesar 0,228 yang menunjukkan bahwa variabel kepuasan konsumen merupakan faktor yang paling berpengaruh terhadap keinginan konsumen untuk melakukan keputusan pembelian dengan Biro Perjalanan Umum di Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Keputusan Pembelian, Pembangun Kepercayaan, Aspek Konsumen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 14 May 2010 02:56
Last Modified: 15 Nov 2010 07:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6967

Actions (login required)

View Item View Item