ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten)

SUGIYANTO, KATIDJAN (2006) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA SEKOLAH DALAM PENCAPAIAN UJIAN AKHIR NASIONAL (Studi Pada SMP Di Kabupaten Klaten). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
P100040094.pdf

Download (264kB)
[img] PDF
P100040094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan secara keseluruhan diwujudkan dalam penataan, pengelolaan dan peningkatan kemampuan masing-masing komponen pendidikan sekolah dasar, seperti sistem kelembagaan, pengembangan kurikulum yang ada dan peningkatan kualitas tenaga kependidikan serta pemberian input lainnya seperti pengadaan buku sekolah, alat peraga dan fasilitas lainnya bagi pengelolaan pengajaran di sekolah. Personil tenaga kependidikan seperti kepala sekolah dan guru merupakan faktor determinan terhadap keberhasilan dalam menyelenggarakan kegiatan pendidikan. Guru merupakan ujung tombak dalam menerjemahkan misi sekolah yakni melaksanakan pembelajaran sebagai kegiatan utama dalam pendidikan di sekolah. Peningkatan prestasi siswa selain diukur dari usaha guru dalam mendidik dan kemampuan manajerial kepala sekolah juga dipengaruhi oleh kemampuan awal siswa tersebut ketika masuk sekolah. Tujuan diadakannya penelitian ini, adalah 1) untuk menganalisis apakah Nilai UAN Masuk, status sekolah dan pendidikan guru mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten; 2) Menganalisis variabel manakah yang memiliki pengaruh lebih dominan terhadap UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP se Kabupaten Klaten sebanyak 112 sekolah. Sampel penelitian ini diambil dari SMP se Kabupaten Klaten sebanyak 50 sekolah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis hasil penelitian mengenai beberap faktor yang mempengaruhi UAN Ke luar di SMP se Kabupaten Klaten dapat ditarik kesimpulan berdasarkan hasil uji t yang dilakukan dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa variabel UAN Masuk (0,000) dan Pendidikan Guru (0,033) berpengaruh signifikan terhadap variabel UAN Ke luar. Sedangkan untuk variabel status sekolah (0,724) tidak signifikan pengaruhnya. Hal ini menunjukkan bahwa sekolah swasta dengan sekolah negeri tidak ada perbedaannya dilihat dari kualitas guru maupun sarana dan prasarana. Hasil koefisien Beta dari masing-masing variabel independen maka akan nampak bahwa variabel UAN Masuk mempunyai nilai koefisien Beta yang paling besar diantara variabel bebas yang lain yaitu sebesar (0,514). Hal ini menunjukkan bahwa talenta anak merupakan faktor utama dalam menentukan keberhasilan belajar, namun bukan berarti manajemen sekolah dan pendidikan guru tidak begitu relevan, yang paling penting adalah talenta anak. Strive to increase quality of education is as a whole realized in settlement, ability improvement and management of each elementary school education component, like institute system, existing curriculum development and the energy education quality improvement and also the other input gift like school book levying, other facility and physic appliance for instruction management at school. Energy education personnel of like teacher and headmaster represent determinant factor to efficacy in carrying out education activity. Teacher represent tip of lance in translating school mission namely execute study as especial activity in education at school. Make-Up of student achievement of besides measured from effort teacher in educating and ability managerial headmaster is also influenced by ability of early the student when entering school. Target performing of this research, is 1) to analyzing whether Value of Incoming Nation Final Exams have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten, 2) to analyzing whether status of school have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten, and 3) to analyzing whether education of teacher have influence which significant to Nation Final Exams Out SMP of Regency Klaten. Population in this research is SMP of Regency of Klaten as much 112 schools. Sample of this Research is taken away from by SMP of Regency of Klaten as much 50 school. Analyzer used is analysis of multiple regressions. Pursuant to analysis of result of research hit same of factor influencing Nation Final Exams Out in SMP of Regency of Klaten can pulled conclusion of pursuant to result t test of performed within this research obtained by result that variable of Incoming Natin Final Exams (0,000) and the Teacher Education (0,033) having an effect on significant to variable of Nation Final Exams Out. While for variable of school status (0,724) do not significant of its influence. This matter indicate that private school with public school of there no its difference is seen from quality learn and also medium and facility. Result of coefficient of Beta from each independent variable hence will look that variable of Incoming Nation Final Exams have value coefficient of biggest Beta among other free variable that is equal to (0,514). This matter indicate that talent of child represent primary factor in determining efficacy learn, but non meaning management of school and education of teacher do not be relevant so, most importantly is child talent.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: UAN Masuk, Status Sekolah, Pendidikan Guru, UAN Keluar Incoming Nation Final Exams, School Status, Teacher education, Nation Final Examsout.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 12 May 2010 09:09
Last Modified: 15 Nov 2010 07:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6954

Actions (login required)

View Item View Item