ANALISIS JENIS PRODUK, MODAL, TEMPAT PENJUALAN (OUTLET), PENGALAMAN KERJA, DAN PROMOSI TERHADAP PROFITABILITAS USAHA BATIK DI SURAKARTA

SUHARTI , SRI (2006) ANALISIS JENIS PRODUK, MODAL, TEMPAT PENJUALAN (OUTLET), PENGALAMAN KERJA, DAN PROMOSI TERHADAP PROFITABILITAS USAHA BATIK DI SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040019.pdf

Download (266kB)
[img] PDF
P100040019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Untuk mendapatkan bukti empiris pengaruh jenis produk, modal, tempat penjualan (outlet), pengalaman kerja, dan promosi terhadap Profitabilitas usaha batik di Surakarta; (2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi profitabilitas batik di Surakarta. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh pembuktian dari subuah hipotesis, dengan menggunakan uji regresi linier berganda, sedangkan untuk pengujian hipotesis digunakan uji t, uji F, dan uji determinasi (R2 ). Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji autokorelasi, heteroskedastisitas dan multikolinieritas. (1) Faktor jenis produk, modal, tempat penjualan (outlet), pengalaman kerja, dan promosi terbukti secara empiris berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas, hal ini dubuktikan dengan hasil pengujian sebagai berikut: (a) Pengujian hipotesis secara parsial (uji t) adalah sebagai berikut: Jenis produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada usaha Batik di Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai koefisien regresi 0,251 dan t-statistik = 3,655 > t-tabel = 1,690. Modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada usaha Batik di Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai koefisien regresi 0,493 dan t-statistik = 8,445 > t-tabel = 1,690. Tempat penjualan(outlet) berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada usaha Batik di Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai koefisien regresi 0,230 dan t-statistik =4,524 > t-tabel = 1,690. Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada usaha Batik di Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai koefisien regresi 0,143 dan t-statistik = 2,642 > t-tabel = 1,690. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas pada usaha Batik di Surakarta yang dibuktikan oleh besarnya nilai koefisien regresi 0,152 dan t-statistik =4,026 > t-tabel = 1,690. (b) Pengujian hipotesis ketepatan model (uji f) menunjukkan nilai F hitung sebesar 135,019 yang berarti > dari F tabel (4,11) hal ini memberikan makna bahwa pengujian model yang digunakan yaitu faktor jenis produk, modal usaha, tempat penjualan (outlet), pengalaman kerja, dan promosi terbukti secara serentak dan empiris berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. (c) (2) Faktor modal mempunyai kontribusi yang paling kuat dalam mempengaruhi profitabilitas. Hal ini dikarenakan besarnya nilai koefisien regresi sebesar 0,493 adalah yang terbesar dibandingkan dengan kelima variabel yang lain. Hasil dari uji asumsi klasik menyimpulkan model regresi yang digunakan dalam penelitian ini tidak terjadi autokorelasi, tidak terjadi multikolinieritas, dan tidak terjadi heteroskedastisitas

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ANALISIS JENIS PRODUK, MODAL, TEMPAT PENJUALAN (OUTLET), PENGALAMAN KERJA, DAN PROMOSI, PROFITABILITAS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 May 2010 09:00
Last Modified: 15 Nov 2010 08:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item