ANALISIS FAKTOR – FAKTOR STRATEGI DAN KEBIJAKAN MANAJEMEN TERHADAP MOTIVASI NASABAH PADA PT. BANK BPD JATENG CABANG KARANGANYAR

WINDOYO, WINDOYO (2005) ANALISIS FAKTOR – FAKTOR STRATEGI DAN KEBIJAKAN MANAJEMEN TERHADAP MOTIVASI NASABAH PADA PT. BANK BPD JATENG CABANG KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Halaman_depan_.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
P100030039_Windoyo.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di kantor PT. Bank BPD Jateng Cabang Karanganyar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purpossive sampling dengan kriteria nasabah yang diteliti adalah yang menggunakan minimal tiga fasilitas yang ada di PT. Bank BPD Jateng yaitu: ATM, Tabungan, dan Giro. Sampel sebanyak 60 orang, terbagi menjadi laki-laki 30 orang dan perempuan 30 orang. Caranya adalah mencari besar pengaruh strategi dan kebijakan yang dilakukan oleh PT. Bank BPD Jateng terhadap motivasi nasabah dan mencari faktor dari strategi dan kebijakan manajemen PT. Bank BPD Jateng yang dominan mempengaruhi motivasi nasabah dalam menggunakan jasa perbankan. Pada analisis instrumen mengenai tanggapan karyawan terhadap item-item pertanyaan dari variabel kecepatan pelayanan, ketepatan pelayanan, keramahan karyawan, kenyamanan dan motivasi nasabah digambarkan bahwa item-item questioner mendapat tanggapan yang positif artinya sebagian besar karyawan mempunyai persepsi bahwa keempat variabel tersebut sangat berpengaruh terhadap motivasi nasabah. Hasil dari analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kecepatan, ketepatan, keramahan dan kenyamanan secara individu maupun bersama-sama terhadap motivasi nasabah, yaitu bila bank memaksimalkan variabel X maka nasabah akan bertambah. Bila variabel X menurun maka motivasi nasabah untuk mempergunakan produk PT. Bank BPD Jateng akan menurun pula. Ada pengaruh yang signifikan antara variabel kecepatan dan ketepatan pelayanan secara individu terhadap motivasi nasabah. Sifat pengaruh antara keduanya adalah positif. Pengaruh yang paling dominan adalah variabel kecepatan pelayanan. Model yang digunakan dalam penelitian ini cukup bagus dimana ditunjukkan oleh koefisien determinasi yang mampu menjelaskan variasi dependen variabel motivasi nasabah sebesar 60,5% mampu dijelaskan oleh variabel-variabel independen variabel kecepatan, ketepatan, keramahan, dan kenyamanan. Hal ini juga diperkuat oleh nilai F yang signifikan pada  1%. Model terbukti memenuhi Best Linear Unbiased Estimation (BLUE) di mana tidak terbukti melanggar uji asumsi klasik baik multikolinieritas maupun heteroskedastisitas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kecepatan, Ketepatan, Keramahan, Kenyamanan, Motivasi Nasabah.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 12 May 2010 08:59
Last Modified: 15 Nov 2010 08:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6951

Actions (login required)

View Item View Item