Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Tanggapan Konsumen Penumpang Kereta Api di PT. Kereta Api Stasiun Besar Solo Balapan

Setyawati , Setyawati (2005) Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Tanggapan Konsumen Penumpang Kereta Api di PT. Kereta Api Stasiun Besar Solo Balapan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
bab1.pdf

Download (45kB)
[img] PDF
P100030034_Setyawati.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhman pengaruh faktor-faktor kualitas pelayanan terhadap tanggapan konsumen penumpang PT. Kereta Api Stasiun Besar Solo Balapan. Di mana faktor-faktor kualitas pelayanan ditinjau dari dimensi keandalan (reliability), keresponsifan (responsiveness), keyakinan (assurence), empati (empathy), dan berwujud (tangible). Dengan sampel penelitian sebanyak 75 responden penumpang Argo Lawu dan Argo Dwipangga Jurusan Solo - Jakarta. Nilai koefisien regresi menunjukkan arah yang positif, artinya setiap terjadi kenaikan/perubahan variabel independen akan diikuti pula kenaikan/perubahan pada variabel dependen sebesar nilai parameternya. Dari ke lima variabel independen tersebut dua variabel independen (keyakinan dan berwujud) secara konsisten berpengaruh terhadap tanggapan konsumen dengan derajat kepercayaan 5% sampai dengan 10% dan untuk variabel berwujud (2,19) mempunyai pengaruh yang dominan dibanding dengan variabel yang lain. Model mampu menjelaskan variasi variabel dependen sebesar 40,5% dari sedangkan sisanya 59,5% lebih dipengaruhi oleh variabel diluar model. Uji goodness of fit (uji t dan F) benar-benar nyata tidak bias, karena uji asumsi klasik tidak terjadi masalah, dengan demikian analisis dapat dilanjutkan. Dari kedua model analisis OLS dan regresi binari logit bahwa binari logit lebih bagus dibanding OLS, dilihat dari kemampuan prediksi model dengan tingkat sukses total (overall percentage) sebesar 73,3 persen, untuk OLS hanya 40,5% saja. Juga secara statistik dapat dipercaya yang memberikan indikasi bahwa sejumlah variabel independen mampu membedakan rata-rata dari tingkat tanggapan konsumen secara meyakin.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: keandalan (reliability), keresponsifan (responsiveness), keyakinan (assurence), empati (empathy), berwujud (tangible, tanggapan konsumen, ordinary least square dan regresi binary logit
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 12 May 2010 08:29
Last Modified: 15 Nov 2010 08:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6939

Actions (login required)

View Item View Item