ANALISIS PENGARUH HARGA, PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, LINGKUNGAN FISIK, DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE KOTA SURAKARTA

SRI WAHYUNI , ENDANG (2006) ANALISIS PENGARUH HARGA, PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, LINGKUNGAN FISIK, DAN LOKASI TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040004.pdf

Download (189kB)
[img] PDF
P100040004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)

Abstract

Usaha bisnis perdagangan dalam skala besar pada beberapa tahun terakhir ini mengalami perkembangan yang pesat. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai pusat perbelanjaan dengan berbagai bentuk dan ukuran. Loyalitas konsumen terhadap toko serba ada (department store) menunjukkan kecenderungan konsumen untuk merekomendasikan toko serba ada (department store) tersebut kepada orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah harga, pelayanan, kualitas produk, lingkungan fisik, dan lokasi.secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen Matahari Department Store Kota Surakarta dan mengetahui faktor paling dominan yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Matahari Department Store Surakarta didasarkan pada harga, pelayanan, kualitas produk, lingkungan fisik, dan lokasi. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan menjadi acuan untuk meningkatkan keberhasilan usaha pada Matahari Department Store, tentunya dengan melihat faktor-faktor yang sangat berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Penelitian ini menggunakan pengujian regresi linier berganda untuk melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pada Matahari Department Store Kota Surakarta, sedangkan sampel penelitian adalah 126 konsumen pada Matahari Department Store Surakarta yang dipilih secara acak. Berdasarkan hasil penelitian diketahui harga, pelayanan, kualitas produk, lingkungan fisik dan lokasi berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Matahari Departement Store dengan thitung pada masing-masing variabel berturut- turut adalah -2,305 < -1,984, dan 2,021; 2,206; 2,267; 3,463 > 1,984. Besar Fhitung= 22,293 > Ftabel 2,37 sehingga variabel yang dipilih dalam penelitian ini cukup bagus. Nilai R2 adalah 0,482 yang berarti bahwa 48,2% variabel independen dapat menerangkan variabel dependen, sedangkan sisanya 51,8% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain di luar model.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Harga, Pelayanan, Kualitas Produk, Lingkungan Fisik, Lokasi, Loyalitas Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 May 2010 08:06
Last Modified: 15 Nov 2010 08:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6932

Actions (login required)

View Item View Item