PERBEDAAN PENGARUH WAKTU PEMBERIAN MATERI PELAJARAN MATEMATIKA DAN FREKUENSI TES MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEMESTER I SMP NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007

WALUYO, EKO (2006) PERBEDAAN PENGARUH WAKTU PEMBERIAN MATERI PELAJARAN MATEMATIKA DAN FREKUENSI TES MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SEMESTER I SMP NEGERI 1 KLATEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050110.pdf

Download (178kB)
[img] PDF
Q100050110.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk : 1. Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh waktu pemberian materi pelajaran matematika terhadap prestasi belajar matematika. 2. mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh frekuensi tes terhadap prestasi belajar matematika. 3. Mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh waktu pemberian materi pelajaran matematika dan frekuensi tes matematika terhadap prestasi belajar matematika. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan factorial. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. dimana uji validitas angket yang digunakan adalah validitas butir dan uji reliabilitas angket adalah uji reliabilitas alpha. Sedangkan populasi dalam penelitian adalah seluruh Siswa SMP Negeri 1 Klaten sebanyak 240 siswa. Sedangkan teknik analisisyang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dan uji beda rerata. Uji persyaratan yang digunakan adalah metode Lilifors untuk menguji sample dan metode Barleth untuk menguji homogenitas sample. Hasil penelitian tersebut adalah sebagai berikut, Fa = 10,11 dan Fb = 3,54 serta Fab = 0,04 sedangkan harga kritik pada F table adalah F = 3,96. Dari hasil itu dapat disimpulkan bahwa frekuensi tes matematika berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Sedangkan waktu pemberian tes pagi dan siang tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Demikain juga tidak ada interaksi antara frekuensi tes matematika dan waktu pemberian tes pagi dan siang terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pemberian waktu, Frekuensi Tes dan Prestasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 08:12
Last Modified: 15 Nov 2010 08:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6907

Actions (login required)

View Item View Item