KOTRIBUSI AKREDITASI SEKOLAH DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH DI SMP SE KABUPATEN JAPARA

AS’ADI, AS’ADI (2006) KOTRIBUSI AKREDITASI SEKOLAH DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP KUALITAS SEKOLAH DI SMP SE KABUPATEN JAPARA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050083.pdf

Download (274kB)
[img] PDF
Q100050083.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (862kB)

Abstract

Dewasa ini dunia pendidikan dihadapkan pada berbagai kesempatan dan tantangan, baik yang bersifat nasional maupun global. Berbagai kesempatan dan tantangan itu hanya dapat diraih dan dijawab apabila sumber daya manusia yang dimiliki berkualitas. Terkait dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah terhadap kualitas sekolah di SMP se-Kabupaten Jepara, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah guru-guru SMP se-Kabupaten Jepara yang berjumlah 1043 orang, dengan sampel sebanyak 290 orang guru. Data dikumpulkan melalui studi dokumentasi untuk variabel akreditasi sekolah dan kualitas sekolah, sedangkan untuk variabel supervisi kepala sekolah menggunakan angket langsung yang dijawab oleh para guru. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, uji hipotesis (uji t dan uji F), dan regresi ganda dengan menggunakan komputer program SPSS versi 13.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) akreditasi sekolah yang diterapkan di SMP se-Kabupaten Jepara diketahui bahwa 36% sekolah terakreditasi B, 50% sekolah terakreditasi A, dan 14% terakreditasi C; (2) supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah disimpulkan bahwa 15,2% menyatakan sering, 59,0% kadang-kadang dan 25,9% jarang (3) Nilai rata-rata Ujian Nasional di SMP se- Kabupaten Jepara disimpulkan bahwa 27,3% termasuk tinggi, 34,1% sedang, dan 38,6% rendah. (4) ada kontribusi positif dan signifikan akreditasi sekolah terhadap kualitas sekolah, yang ditandai koefesien regresi sebesar 0,409 dan hasil uji t diperoleh t hitung 64,098 (sig. 0,000); (5) ada kontribusi positif dan signifikan antara supervisi kepala sekolah terhadap kualitas sekolah, yang ditandai koefesien regresi sebesar 0,002 dan hasil uji t diperoleh t hitung 4,325 (sig. 0,000; (6) ada kontribusi secara bersama-sama antara akreditasi sekolah dan supervisi kepala sekolah terhadap kualitas sekolah, yang ditandai dengan nilai uji F hitung sebesar 2067,614 (sig. 0,000), dan (7) besar variasi perubahan kualitas sekolah atas variabel akreditasi sekolah dan supervisi kepala sekolah sebesar 93,5% (koefisien determinasi). Saran yang diajukan: (1) sekolah perlu mempersiapkan diri secara sungguh- sungguh dalam pelaksanaan akreditasi dengan menata komponen-komponen yang dinilai dalam akreditasi secara sistematis, (2) kepala sekolah agar lebih meningkatkan intensitas pelaksanaan supervisi dengan prinsip-prinsip yang benar dan tidak hanya berorientasi pada masalah yang bersifat administratif, namun lebih ditekankan pembinaan kemampuan profesional guru sehingga bermuara pada terciptanya kualitas sekolah yang memadai, dan (3) kepada peneiti lain untuk dapat mengungkap secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas sekolah, selain akreditasi sekolah dan supervisi kepala sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: akreditasi, Supervisi Kepala Sekolah, Kualitas Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 08:07
Last Modified: 15 Nov 2010 08:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6906

Actions (login required)

View Item View Item