OPTIMALISASI NILAI-NILAI TQM DI SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA

HARIYADI , AGUNG (2006) OPTIMALISASI NILAI-NILAI TQM DI SMA WALISONGO PECANGAAN JEPARA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050027.pdf

Download (314kB)
[img] PDF
Q100050027.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)

Abstract

Tesis ini mempunyai tujuan yaitu ingin mengetahui bagaimana proses optimalisasi nilai-nilai TQM di SMA Walisongo Pecangaan Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA Walisongo Pecangaan Jepara dengan mengambil subyek penelitian orang-orang yang merupakan unsur dalam penerapan dan optimalisasi nilai-nilai TQM di SMA Walisongo Pecangaan Jepara. Subyek yang diambil dalam penelitian ini adalah satu orang kepala sekolah, satu orang guru, satu orang siswa, satu orang wakil dari masyarakat dan satu orang wakil dari orang tua/wali murid siswa. Metode yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode wawancara, namun yang lebih dominan digunakan adalah metode wawancara. Setelah data diperoleh maka data dianalisis dengan menggunakan trangulasi. Data yang diperoleh dari kepala sekolah dicek ulang dengan sumber lain yaitu dengan guru, siswa, orang tua, dan masyarakat. Begitu pula data yang diperoleh dari guru dicek ulang dengan sumber lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses optimalisasi nilai-nilai TQM di SMA Walisongo Pecangaan belum mencapai 100%. Ada langkah optimalisasi yang belum bisa terwujud dengan baik. (1) Visi dan misi sekolah, sudah dirumuskan dengan jelas dan spesifik. Untuk proses sosialisasi belum maksimal, masyarakat dan orang tua belum mengetahui visi dan misi sekolah secara spesifik. Namun secara umum mengetahui arah dan tujuan sekolah. (2) Fokus pelanggan yang jelas, secara keseluruhan semua unsur pelaksana optimalisasi sudah mengetahui dengan jelas siapa yang menjadi sasaran utama dari visi dan misi sekolah yang tertuang dalam program kegiatan sekolah. (3) Strategi untuk mencapai visi, sekolah telah menyusun strategi pencapaian visi dan misi sekolah yang tertuang dalam rancangan program kerja sekolah. Semua unsur telah mengetahuinya dengan baik, sehingga semuanya mendukung program yang direncanakan sesuai dengan visi dan misi sekolah. (4) Keterlibatan seluruh pelanggan dalam mengembangkan strategi, seluruh pelanggan di SMA Walisongo, baik internal ataupun eksternal, ada yang terlibat secara langsung atau tidak. Orang tua dan masyarakat seringkali tidak terlibat langsung dalam mengembangkan strategi. Kurangnya keterlibatan orang tua dan masyarakat dapat mengganggu kelancaran pelaksanaan pengembangan strategi sehingga pencapaian visi dan misi dapat terhambat. (5) Pemberdayaan staf, sekolah belum maksimal dalam mengadakan kegiatan yang mengarah pada pemberdayaan staf dan belum seluruh staf mengikuti kegiatan untuk pemberdayaan tersebut. (6) Penilaian dan evaluasi efektifitas institusi, beberapa program yang dirancang belum seluruhnya dapat dinilai dan dievaluasi. Sehingga penilaian dan evaluasi ini perlu lebih ditingkatkan dan selanjutnya ada semacam tindak lanjut.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: optimalisasi, nilai-nilai TQM.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 07:25
Last Modified: 15 Nov 2010 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6897

Actions (login required)

View Item View Item