IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NEGERI BANYUANYAR KEC. BANJARSARI KOTA SURAKARTA

Daim, Much. Nur (2006) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) DI MADRASAH IBTIDA’IYAH NEGERI BANYUANYAR KEC. BANJARSARI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040129.pdf

Download (229kB)
[img] PDF
Q100040129.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta dalam rangka otonomi penyelenggaraan pendidikan. Aspek-aspek yang diteliti antara lain perencanaan yang meliputi perencanaan pengelolaan keuangan, SDM, dan kurikulum; pelaksanaan yang meliputi pelaksanaan pengelolaan keuangan, SDM, dan kurikulum; dan pengevaluasian yang meliputi evaluasi pelaksanaan pengelolaan keuangan, SDM, dan kurikulum; 2) sejauh mana efektivitas pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan MBS dan solusi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil objek penelitian manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, maka subjek penelitian adalah Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banyuanyar Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik: triangulasi, pengecekan dengan anggota atau member check, penyusunan database dan penyusunan mata rantai semua bukti penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisa jaringan atau mengalir yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Implementasi MBS di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banyuanyar mencakup perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pengelolaan keuangan dilakukan pihak sekolah dengan mempertimbangkan besarnya pemasukan dan dilaksanakan dengan transparan. Pengelolaan kurikulum di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banjarsari mengacu pada kurikulum pendidikan umum dan keagamaan. Pengelolaan sumber daya manusia dilakukan antara lain dengan cara: a) peningkatan kesadaran masyarakat akan kemajuan sekolah, b) peningkatan kualitas guru, c) peningkatan kerjasama dengan lembaga/ instansi, dan d) peningkatan partisipasi orang tua; 2) Efektivitas implementasi manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam hal pengelolaan keuangan, kurikulum, dan sumber daya manusia di Madrasah Ibtida’iyah Negeri Banyuanyar Kec. Banjarsari Kota Surakarta belum dilakukan secara maksimal. Hal ini disebabkan karena adanya berbagai keterbatasan yang ada sehingga ada kesenjangan yang besar apabila dibandingkan dengan sekolah yang sudah maju.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Berbasis Sekolah, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 07:21
Last Modified: 15 Nov 2010 08:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6896

Actions (login required)

View Item View Item