PENGARUH KEMAMPUAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN, SUPERVISI, DAN LINGKUNGAN KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MBS PADA SMP DI SURAKARTA

SUHADAK, AMIR (2006) PENGARUH KEMAMPUAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN, SUPERVISI, DAN LINGKUNGAN KERJA KEPALA SEKOLAH TERHADAP EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MBS PADA SMP DI SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040128.pdf

Download (297kB)
[img] PDF
Q100040128.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan administrasi pendidikan, supervisi, dan lingkungan kerja kepala sekolah terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMP di Surakarta baik secara individual maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian adalah penelitian survai dengan populasi seluruh Kepala Sekolah SMP di Surakarta. Populasi penelitian adalah sebanyak 80 orang terdiri dari 30 kepala SMP negeri dan 50 orang kepala SMP swasta. Sampel dalam penelitian berjumlah 66 orang yang dipilih menggunakan teknik systematic sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi (R2 ). Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan: pertama, kemampuan administrasi pendidikan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMP di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t dengan signifikansi p < 0,05; kedua, kemampuan supervisi kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMP di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t dengan signifikansi p < 0,05; ketiga, lingkungan kerja kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMP di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t dengan p < 0,05; dan keempat kemampuan administrasi pendidikan, supervisi dan lingkungan kerja kepala sekolah secara bersama-sama mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas implementasi MBS pada SMP di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji F di mana nilai p < 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh Y = 15,580 + 0,233 X1 + 0,556 X2 + 0,404 X3. Koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan kemampuan administrasi pendidikan, kemampuan supervisi dan lingkungan kerja secara bersama-sama memberikan pengaruh terhadap efektivitas implementasi MBS kepala SMP di Kota Surakarta sebesar 86,7%, sedangkan sisanya sebesar 13,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model ini.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), Administrasi Pendidikan, Supervisi, dan Lingkungan Kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 07:17
Last Modified: 15 Nov 2010 08:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6895

Actions (login required)

View Item View Item