ANALISIS KEBIJAKAN PENAMBAHAN SEKOLAH MENENGAH NEGERI BARU DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2004 (Penelitian Naturalistis Fenomenologis di SMK Negeri 1 Ambal)

SUNARYO, AGUS (2006) ANALISIS KEBIJAKAN PENAMBAHAN SEKOLAH MENENGAH NEGERI BARU DI KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2004 (Penelitian Naturalistis Fenomenologis di SMK Negeri 1 Ambal). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100030037.pdf

Download (750kB)
[img] PDF
Q100030037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui relevansi kebijakan penambahan sekolah menengah negeri baru tahun 2004 serta dampak sosial dan dampak ekonomi bagi masyarakat dan sekolah sekitarnya. Karena keterbatasan peneliti dalam segala hal, peneliti hanya melakukan kegiatan di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk naturalistik. Subyek penelitian dikenakan kepada Kepala Bidang Dikmenjur Dinas P dan K, Kepala SMPN1 Ambal (Ymt Kepala SMKN1 Ambal), Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen, Anggota Dewan Pendidikan, Aktifis LSM Pendidikan, Guru SMPN 1 Ambal dan SMKN 1 Ambal, serta anggota masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan pengamatan berperan- serta dan wawancara tak berstruktur. Analisis data menggunakan metode analisis interaktif (Milles, 1984 : 23) yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi dilaksanakan bersama-sama dengan proses pengumpulan data dalam bentuk interaktif melalui proses siklus. Hasil pembahasan, untuk menarik kesimpulan, implikasi dan saran yang dipandang bermanfaat bagi pengambil keputusan dan peneliti selanjutnya. Dari hasil temuan penelitian ada tiga hasil analisis mengenai pendirian sekolah menengah negeri baru yaitu, a) ditinjau dari kepentingan pemerintah Kabupaten Kebumen sudah tidak relevan, namun ditinjau dari kebutuhan masyarakat Kecamatan Ambal pendirian sekolah tersebut relevan. b) dampak sosial bagi SMPN 1 Ambal dan sekolah sejenis disekitar lebih banyak negatifnya, namun bagi masyarakat Ambal lebih banyak positifnya. dan c) dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar positif, namun bagi sekolah sejenis disekitarnya berdampak negatif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, Relevansi Kebijakan, Pendirian Sekolah Negeri Baru, Dampak Sosial, Dampak Ekonomi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 04:22
Last Modified: 15 Nov 2010 08:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6887

Actions (login required)

View Item View Item