PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PENYEWA PD. PASAR SUNGGINGAN BARU DI KABUPATEN BOYOLALI

WIRYATMI, SAKTI (2006) PENGARUH KUALITAS JASA TERHADAP KEPUASAN PENYEWA PD. PASAR SUNGGINGAN BARU DI KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
P100030073.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
P100030073.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)

Abstract

Pada kenyataannya pasar tradisional makin tersdesak oleh berdirinya pasar modern atau supermarket yang berkembang sangat pesat. sebetulnya pasar tradisional adalah bentuk sektor riil yang masih berkualifikasi pasar tradisional terutama di Kabupaten Boyolali. Pedagang penyewa kios di PD. Pasar Sunggingan Baru pada dasarnya cukup merasa senang, sebab pada saat tekanan ekonomi nasional dan internasional yang belum membaik, tetapi pemerintah Kabupaten Boyolali, menyediakan tempat usaha yang sebetulnya sudah lama tetapi di rehabilitasi menjadi pasar baru. Tetapi ironisnya dengan usaha di pasar yang baru, pengahsilan para pedagang menurun. Tetapi belum diketahui apa yang menjadi penyebab dari menurunnya penghasilan tersebut. Dari latar belakang itulah dalam penelitian ini memilih PD. Pasar Sunggingan Baru di Kabupaten Boyolali sebagai obyek penenelitian. Dari seluruh populasi, maka ditetapkan sampel sebanyak 100 penyewa kios, sebagai sampel random sampling. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktorfaktor kualitas jasa yaitu: tangible, realibility, responsiveness, assurance, dan empathy terhadap kepuasan penyewa kios pasar PD. Sunggingan Baru di Kabupaten Boyolali. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa secara berganda ada empat faktor kualitas jasa yaitu: tangible, responsiveness, assurance, dan empathy berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan penyewa, sedangkan satu variabel yaitu realibility tidak mempunyai pengaruh. Dari persamaan regresi menunjukkan variabel yang paling dominan adalah variabel empathy. Uji secara bersama-sama (F) sebesar 26,669, dan R2 sebesar 58,7%, berarti dengan memasukkan lima variable bebas tersebut dapat menjelaskan variabel kepuasan penyewa, sedangkan 40,3% dijelaskan oleh variabel lain, dan untuk uji asumsi klasik tidak mengalami permasalahan. Practically the traditional market more and more tersdesak by standing the modern market or the supermarket expanding very fast. frankly the traditional market [is] real sector form is which still traditional berkualifikasi market especially in Regency Boyolali. kiosk Iodger Merchant in PD. New Market Sunggingan basically enough feel to like, cause at the time of economic pressure of national and international which not yet baik, but Regency Boyolali government, providing effort place frankly have been long enough but rehabilitating to become new market. But ironically with effort market newly, pengahsilan all downhill merchant. But not yet been known what becoming cause from downhill the the production. From background [of] that's in this research chosen PD. New Market Sunggingan in Regency Boyolali as obyek penelitian. From entire/all population, is hence specified sampel as much 100 kiosk Iodger, as sampel random sampling. Target in this research is to know service quality factors that is: tangible, realibility, responsiveness, assurance, and empathy to market PD kiosk Iodger satisfaction. New Sunggingan in Regency Boyolali. From inferential research result that doubledly there four quality factor service that is: tangible, responsiveness, assurance, and empathy have an effect on by signifikan to Iodger satisfaction, while one variable that is realibility don't have influence. From equation regresi show most variable dominant is variable empathy. Test together ( F) equal to 26,669, and R2 of equal to 58,7%, meaning entered/includedly five the free variable can explain Iodger satisfaction variable, while 40,3% explained by other;dissimilar variable, and to test classic assumption do not experience of problems.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas jasa, kepuasan penyewa, pasar tradisional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 10 May 2010 08:51
Last Modified: 15 Nov 2010 08:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6868

Actions (login required)

View Item View Item