KONTRIBUSI PENGELOLAAN KELAS DAN KONSEP DIRI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BOYOLALI

MULYATI , TUTIK (2006) KONTRIBUSI PENGELOLAAN KELAS DAN KONSEP DIRI GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI KABUPATEN BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040136.pdf

Download (219kB)
[img] PDF
Q100040136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Adakah kontribusi pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa, 2) Adakah kontribusi konsep diri guru terhadap prestasi belajar siswa, 3) Adakah kontribusi pengelolaan kelas dan konsep diri guru secara interaksi terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Kabupaten Boyolali Sesuai dengan rumusan masalah,maka tujuan penelitian dalam tesis ini untuk menganalisis : 1) Kontribusi pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa, 2) Kontribusi konsep diri guru terhadap prestasi belajar siswa, 3) Kontribusi pengelolaan kelas dan konsep diri guru secara interaksi terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri Kabupaten Boyolali Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Instrumen angket digunakan untuk mengumpulkan data tentang pengelolaan kelas dan konsep diri guru. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas III. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda.. Teknik ini untuk mencari kontribusi pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa, kontribusi konsep diri guru terhadap prestasi belajar siswa dan kontribusi pengelolaan kelas dan konsep diri guru secara interaksi terhadap prestasi belajar siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian menunjukkan: 1) ada kontribusi yang signifikan pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa (p = 0,000 < 0,05), 2) ada kontribusi yang signifikan konsep diri guru terhadap prestasi belajar siswa (p = 0,000 < 0,05), 3) ada kontribusi yang signifikan pengelolaan kelas dan konsep diri guru terhadap prestasi belajar siswa (p = 0,000 < 0,05) dengan besar pengaruh 82,8 % (R Square – 0,828). Implikasi dari hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi yang signifikan pengelolan kelas terhadap prestasi belajar memberi gambaran kepada guru atau pihak terkait untuk mau dan mampu mempelajari tentang pengelolan kelas dalam pelaksanaan tugasnya dalam perspertif peningkatan kualitas keberhasilan belajar siswa. Implikasi lain adanya kontribusi yang signifikan konsep diri guru terhadap prestasi belajar memberi gambaran kepada guru atau pihak terkait untuk mau dan mampu mempelajari tentang konsep diri guru dalam pelaksanaan tugasnya dalam perspertif peningkatan kualitas keberhasilan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Kelas, Konsep Diri Guru dan Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 May 2010 04:39
Last Modified: 15 Nov 2010 09:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6860

Actions (login required)

View Item View Item