ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SD Negeri Donohudan 3 Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali)

SRIHANI , SRIHANI (2006) ANALISIS DAMPAK AKREDITASI SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus Di SD Negeri Donohudan 3 Kecamatan Ngemplak Kabupaten Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040123.pdf

Download (84kB)
[img] PDF
Q100040123.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dapat dilakukan dengan akreditasi. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan proses akreditasi yang dilaksanakan di Sekolah Dasar serta dampaknya terhadap mutu pendidikan di SD Donohudan 3. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mencapai pendidikan yang bermutu dengan cara memberikan penilaian terhadap sekolah. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah kualitatif fenomenologis, dengan informan/ sumber data dari Kepala Cabang Dinas, Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumen. Untuk mengukur validitas data dilakukan dengan triangulasi, member check, pengusunan database, dan penyusunan mata rantai bukti penelitian. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses akreditasi SD Negeri Donohudan 3 dilaksanakan sesuai dengan prosedur/ tahap-tahap yang telah ditentukan oleh BASNAS. Proses akreditasi dimulai dari pelaksanaan evaluasi diri oleh sekolah, pengajuan akreditasi oleh sekolah, penentuan kelayakan visitasi oleh BAS, pelaksanaan visitasi oleh tim asessor, penetapan hasil akreditasi oleh BAS, dan penerbitan hasil akreditasi oleh BAS. Dari proses akreditasi yang dilaksanakan SD Negeri Donohudan 3, diperoleh hasil nilai/ score 80 dengan status terakreditasi B (Baik). Dampak dari pelaksanaan akreditasi ini menunjukkan adanya peningkatan mutu pendidikan bagi sekolah yang telah terakreditasi. Hal ini dapat diukur dari indikator mutu, diantaranya mutu input dapat dibuktikan dengan banyaknya siswa baru yang berasal dari TK, mutu proses dibuktikan dengan meningkatnya prosentase kehadiran siswa, mutu output dibuktikan dari menurunnya prosentase angka kelulusannya. Mutu guru dibuktikan dari meningkatkan angka kehadiran kedisiplinan dari tertib administrasi. Mutu sarana dan prasarana dibuktikan dengan meningkatnya kelengkapan sarana sekolah, dan mutu biaya dibuktikan dengan meningkatnya bantuan dari partisipasi masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Proses akreditasi, dampak akreditasi, mutu pendidikan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 May 2010 04:14
Last Modified: 15 Nov 2010 09:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6856

Actions (login required)

View Item View Item