MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) ASSALAM JETIS AMBARAWA

MUKHAROMAH , ALFI ROKHANA (2006) MANAJEMEN PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (TKIT) ASSALAM JETIS AMBARAWA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040096.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
Q100040096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi empirik mengenai manajemen penyelenggaraan pendidikan anak usia dini (PAUD) Taman Kanak- Kanak Islam Terpadu (TKIT). Selain itu, tujuan lainnya adalah mendeskripsikan komponen-komponen yang mempengaruhi manajemen penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Penelitian ini bersifat kualitatif dan dilakukan terhadap penerapan manajemen PAUD TKIT Assalam di Jetis Kecamatan Ambarawa. Subyek penelitian adalah pengelola sekolah (pengurus yayasan, kepala sekolah, para guru, staf administrasi) dan orang tua/wali murid TKIT Assalam Jetis Ambarawa. Metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Untuk analisanya menggunakan model analisis interaktif yang mengikuti langkah Miles dan Huberman (1992), yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; menyangkut manajemen PAUD TKIT Assalam Jetis Ambarawa ditemukan bahwa TKIT Assalam Jetis Ambarawa telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen. Dalam penyelenggaraan PAUD di TKIT Assalam ditemukan 6 (enam) komponen yang mempengaruhinya, yaitu: kesiswaan, personalia, kurikulum, sarana dan prasarana, keuangan, serta hubungan kemasyarakatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Penyelenggaraan, PAUD, TK, Terpadu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 May 2010 03:50
Last Modified: 15 Nov 2010 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6852

Actions (login required)

View Item View Item