IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK) NEGERI 6 SURAKARTA (Studi Kasus di SMK Negeri 6 Surakarta Yang Telah Bersertifikat ISO 9001-2000)

MULYONO , YAMTO (2006) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN(SMK) NEGERI 6 SURAKARTA (Studi Kasus di SMK Negeri 6 Surakarta Yang Telah Bersertifikat ISO 9001-2000). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040088.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
Q100040088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah implementasi nilai-nilai TQM pada SMK Negeri 6 Surakarta yang telah bersertifikat ISO 9001-2000?. Dengan demikian tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi nilai-nilai TQM di SMK Negeri 6 Surakarta yang telah bersertifikat ISO 9001-2000. Namun sebelum mengarah tujuan tersebut juga ingin mengetahui tentang analisis SWOT serta untuk mengetahui usaha yang dilakukan SMK Negeri 6 Surakarta sehingga dapat meraih sertifikat ISO 9001-2000 tersebut. Subyek penelitian terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, QMR, Kepala Tata usaha, guru, karyawan, siswa klas 1,2,3, wakil orang tua klas 1,2,3, serta personal dunia usaha/industri sebagai sebagai user tamatan/tempat praktek siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, cheklist, wawancara, dan studi dokumentasi. Anaalisis data yang dilakukan: reduksi data, display data kemudian baru diambil kesimpulan dan verifikasi. Nilai-nilai TQM yang diteliti meliputi fokus pada pelanggan, obsesi terhadap kualitas, kerjasama tim (team work), pendidikan dan pelatihan bagi karyawan, serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Hasil penelitian di SMK Negeri 6 Surakarta tentang analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatannya terletak pada kebijakan MPMBS, telah bersertifikat ISO, serta SDM guru/karyawan, siswa yang cukup potensial. Kelemahannya pada pendanaan, sebagian guru/karyawan yang sulit diajak maju, serta kepedulian dunia usaha/industri belum maksimal. Peluang terletak pada tuntutan masyarakat tentang mutu pendidikan, serta kebebasan pengembangan kurikulum sesuai kebutuhan. Adapaun ancaman terletak pada perkembangan IPTEK, serta lapangan kerja yang sesuai dengan program keahlian yang ada masih terbatas. Usaha yang dilakukan SMK Negeri 6 Surakarta untuk meraih Sertifikat ISO 9001-2000 dari TUV Jerman ternyata sejalan dengan sosialisasi dan implementasi nilai-nilai TQM dimulai dari tahap persiapan, penerapan, hingga meraih sertifikat ISO serta pasca sertifikasi dengan cara perbaikan sistem secara berkesinambungan. Implementasi nilai-nilai TQM di SMK Negeri 6 Surakarta pada umumnya dapat diimplementasikan dengan baik. Untuk nilai obsesi kualitas dan kerjasama tim cenderung pada kriteria sangat baik, sedangkan nilai fokus pelanggan, pendidikan dan pelatihan, dan pemberdayaan karyawan pada kriteria baik. Untuk peningkatan kinerja di SMK Negeri 6 Surakarta, yang masih perlu ditingkatkan meliputi : Pelayanan dalam bidang pembelajaran, khususnya bagi guru yang belum disiplin. Budaya mutu harus terus menerus dikomunikasikan. Perlu dukungan dari semua pihak khususnya transparasi dana, lingkungan fisik dan non fisik, serta SDM yang perlu dikelola dengan baik. Dokumen Sistem Mutu yang merupakan acuan dalam bertindak, benar-benar dipahami untuk peningkatan mutu pendidikan/pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai TQM sejalan dengan ISO 9001-2000
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 May 2010 03:10
Last Modified: 15 Nov 2010 09:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6846

Actions (login required)

View Item View Item