IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2005/2006

YAHMIN , MOCHAMAD (2006) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 PATI TAHUN PELAJARAN 2005/2006. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040085.pdf

Download (35kB)
[img] PDF
Q100040085.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pemahaman warga sekolah terhadap konsep dasar Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2005/2006; (2) Bagaimana pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2005/2006; (3) Kendala apa saja yang dihadapi sekolah beserta solusinya dalam pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 2 Pati Tahun Pelajaran 2005/2006. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif (qualitative approach), yang menghasilkan data deskriptif . Sedangkan data penelitian diperoleh dari: (1) informan, yang terdiri dari kepala sekolah, guru-guru, staf tata usaha, siswa, orang tua siswa, anggota komite, dan masyarakat, (2) dokumen dan arsip; (3) letak geografis sekolah dan kegiatan sekolah baik secara akademik maupun nonakademik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumen. Sedangkan analisis data digunakan tiga langkah yakni reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya pemahaman konsep dasar MPMBS oleh warga SMA Negeri 2 Pati merupakan kendala tersendiri dalam pelaksanaan MPMBS di instansi tersebut. Namun, kepala sekolah dengan gaya kepemimpinannya yang demokratis, memiliki pemahaman yang cukup terhadap esensi MPMBS. Karena standar minimal pemahaman konsep terpenuhi, maka pelaksanaan manajemennya tentu saja tidak mengecewakan. Terkait dengan pelaksanaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah di SMA Negeri 2 Pati tahun pelajaran 2005/2006 ini, berdasarkan keputusan partisipatif, kepala sekolah merumuskan sembilan sasaran/target/tujuan situasional sekolah untuk satu tahun ke depan, yakni tahun pelajaran 2005/2006. Dalam rangka pelaksanaan MPMBS oleh kepala sekolah, peneliti meninjaunya dari sisi kemandirian sekolah, pengambilan keputusan partisipatif, transparansi, dan pertanggungjawaban kepada stakeholders. Banyak kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan MPMBS, baik kendala internal maupun eksternal. Kendala internal yang cukup serius adalah dari guru-guru sendiri. Pemahaman mereka tentang MPMBS sangat minim. Karena minimnya pemahaman itulah, maka pelaksanaan MPMBS tidak berjalan efektif, sehingga hasilnya tidak optimal. Solusinya, setiap rapat pembinaan esensi MPMBS selalu disinggung, terutama 9 sasaran yang harus dicapai sekolah pada tahun pelajaran ini. Sedangkan kendala eksternal adalah rendahnya partisipasi orang tua siswa dan masyarakat. Solusinya, meningkatkan koordinasi dan komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti sarankan hendaknya ada upaya peningkatan 4 kompetensi guru melalui kegiatan IHT selingkung dan kegiatan akademik yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Konsep MPMBS, implementasi, solusi, kemandirian, partisipasi, transparansi dan akuntabilitas.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 09:02
Last Modified: 15 Nov 2010 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6844

Actions (login required)

View Item View Item