PENGELOLAAN SEKOLAH BERDASARKAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cepu)

KUSNIN, MUH. (2006) PENGELOLAAN SEKOLAH BERDASARKAN SEKOLAH STANDAR NASIONAL (SSN) (Studi Kasus Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Cepu). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040082.pdf

Download (36kB)
[img] PDF
Q100040082.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengelolaan sekolah yang mengacu pada Sekolah Standar Nasional (SSN) di SMP Negeri 2 Cepu dalam rangka implementasi otonomi penyelenggaraan pendidikan; dan 2) upaya-upaya yang dilakukan untuk memperbaiki pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional (SSN) di SMP Negeri 2 Cepu. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah berupa lembaga, yaitu SMP Negeri 2 Cepu dengan fokus penelitian berupa pengelolaan sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumen. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data, member check, penyusunan data base, dan penyusunan bukti mata rantai penelitian. Analisis data dilakukan menggunakan analisis kualitatif dengan komponen terdiri dari reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menyimpulkan: 1) Pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional (SSN) pada SMP N 2 Cepu ditekankan pada lima aspek, yaitu pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) secara konsisten, pengembangan inovasi pembelajaran, penciptaan komunitas belajar di sekolah, pengembangan profesionalisme guru, dan penggalangan dukungan masyarakat. Konsistensi pelaksanaan MBS ditunjukkan dengan adanya transparansi pengelolaan dana, tingginya partisipasi masyarakat, akuntabilitas dan selalu dilakukannya perbaikan secara terus menerus. Pengembangan dalam inovasi pembelajaran sebagai salah satu fokus dalam pengelolaan sekolah berdasarkan SSN dilakukan secara konsisten oleh setiap guru mata pelajaran dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme; 2) Hasil-hasil yang dicapai dalam pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional (SSN) diukur berdasarkan output yang dihasilkan, yaitu berupa prestasi siswa, prestasi guru dan kepala sekolah, serta prestasi sekolah. Prestasi siswa dalam bidang akademik yang meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa pengelolaan sekolah berdasarkan Sekolah Standar Nasional (SSN) di SMP N 2 Cepu sudah menunjukkan hasil yang riil.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ekolah Standar Nasional (SSN)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 08:48
Last Modified: 15 Nov 2010 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6841

Actions (login required)

View Item View Item