PENGARUH PEMANFAATAN BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KOMPETENSI SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR

EFENDI , MUHAMMAD IFAN (2006) PENGARUH PEMANFAATAN BIAYA OPERASIONAL SEKOLAH, SARANA PRASARANA DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KOMPETENSI SISWA SEKOLAH DASAR KECAMATAN KARANGANYAR KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040081.pdf

Download (50kB)
[img] PDF
Q100040081.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan biaya operasional sekolah, sarana prasarana dan kompetensi guru terhadap kompetensi siswa baik masing-masing maupun secara bersama-sama. Penelitian jenis kuantitatif, dengan populasi 218 guru-guru Sekolah Dasar se Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket yang diberikan kepada sampel sebanyak 140 guru diambil dengan teknik simple random sampling. Di analisis dengan uji regresi linear berganda, uji F dan uji t. Uji persyaratan analisis terdiri dari uji normalitas, uji linearitas,dan uji multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukan bahwa seluruh item instrument penelitian adalah valid dan reliabel. Data yang ditunjukan pada distribusi frekuensi, pemanfaatan biaya operasional sekolah kurang baik, dengan rerata 1,57. Data sarana prasarana sangat baik dengan rerata 3,16. Data kompetensi guru baik dengan rerata 2,92. Data kompetensi siswa baik dengan rerata 3,52. Persamaa regresi Y= 36,416 + 0,170 X1 + 1,379 X2 + 0,224 X3 + e menunjukan model regresi yang tepat, hal ini dibuktikan dengan uji F dengan probabilitas (p) = 0,000 dan R2 = 55,6 %, dan uji t yang menunjukan untuk masing-masing variable bebas t-hitung > t-tabel. Konstanta dan masing-masing koefisien variabel bebas semuanya signifikan yaitu 0,000 untuk konstanta Y, 0,000 untuk X1, 0,000 untuk X2 , dan 0,001 untuk X3. Sumbangan efektif terbesar untuk mendukung kompetensi siswa diberikan oleh sarana prasarana dengan kontribusi sebesar 23,6 %., Lebih lanjut dari variabel sarana prasarana jika ditinjau dari indikatornya, yaitu prasarana sekolah, prasarana sarana dirumah , dan sarana disekolah, maka sumbangan efektif terbesar diberikan oleh prasarana sekolah sebesar 19,5 %. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa variable biaya operasional sekolah, sarana parasarana dan kompetensi guru baik sendiri-sendiri maupun secara besama-sama berpengaruh terhadap kompetensi siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Siswa, Biaya Opersional Sekolah, Sarana Prasanana, Kompetensi Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 08:43
Last Modified: 15 Nov 2010 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6840

Actions (login required)

View Item View Item