IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA SUBDIN TK, SD, DAN SLB DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUKOHARJO

Sukardi , Sukardi (2006) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) PADA SUBDIN TK, SD, DAN SLB DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040080.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
Q100040080.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) implementasi nilai-nilai TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo; 2) keberhasilan Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo dalam mengimplementasikan nilai-nilai TQM; dan 3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengimplementasian nilai-nilai TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo dan solusi yang dilakukan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di Subdin TK, SD, dan SLB pada Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo. Fokus penelitian ditekankan pada implementasi nilai-nilai TQM. Metode pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner tentang kepuasan pelanggan. Validitas data dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan teknik interaktif. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Implementasi nilai-nilai TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo mencakup lima aspek, yaitu fokus pada pelanggan, keterlibatan total, pengukuran, komitmen dan perbaikan yang dilakukan secara terus menerus. Kelima aspek tersebut diimplementasikan dengan mengacu pada lima pilar keyakina n dan nilai -nilai kualitas pendidikan; 2) Keberhasilan Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo dalam mengimplementasikan nilai -nilai TQM dilihat dari pengukuran tingkat kepuasan pelanggan dan evaluasi kinerja Subdin TK, SD, dan SLB Dinas Kabupaten . Berdasarkan pengukuran kepuasan pelanggan, implementasi nilai -nilai TQM kurang memuaskan pada beberapa aspek tertentu, sedangkan berdasarkan ketercapaian program cukup memuaskan ; dan 3) Faktor-faktor yang menjadi penghambat dalam pengimplementasian nilai - nilai TQM pada Sub Dinas TK, SD dan SDLB Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo berupa permasalahan SDM, dana, koordinasi dan peraturan yang selalu berubah. Solusi yang dilakukan adalah meningkatkan kualitas SDM melalui penataran, mengadakan dana talangan dan meningkatkan koordinasi

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Nilai-nilai Total Quality Management
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 08:39
Last Modified: 15 Nov 2010 09:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6839

Actions (login required)

View Item View Item