Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Negeri 9 Surakarta

Setyaningsih , Ties (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Negeri 9 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040077.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
Q100040077.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (720kB)

Abstract

Sumber Daya Manusia di SMK Negeri 9 Surakarta, yang meliputi: Perencanaan Sumber Daya Manusia, Pelatihan dan Pengembangan, Evaluasi Penilaian Kinerja/Ketenagaan, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Praktek Kerja Industri, dan Dukungan Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, serta Manajemen Pembelajaran Teori dan Praktek. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif historis dan kualitatif fenomenologis. Pendekatan kualitatif historis digunakan untuk mengetahui dan memahami perubahan yang terjadi sejak berdirinya SMSR hingga keadaan SMK Negeri 9 Surakarta dalam perkembangan paling akhir. Pendekatan fenomenologis adalah untuk mengetahui dan memahami gambaran proses manajemen Sumber Daya Manusia yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 9 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah, Pimpinan SMK Negeri 9 Surakarta, guru beserta karyawan, orang tua siswa, dan siswa. Teknik yang digunakan berupa observasi langsung, wawancara dan dokumenter. Data data antara lain berupa: Arsip dan dokumen yang berupa sejarah berdirinya SMK Negeri 9 Surakarta, data guru dan karyawan, satuan pelajaran, data sarana prasarana, kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstra kurikuler. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya yang dilakukan SMK Negeri 9 Surakarta dalam melaksanakan dan menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia yang dimiliki ternyata berpengaruh dapat memberikan dukungan terhadap kualitas pendidikan dan pengajaran yang dilakukan di SMK Negeri 9 Surakarta, hal tersebut dapat dilihat dari sistim pendidikan dan pengajaran yang diterapkan dan dilaksanakan, dapat berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan. Hal tersebut tercermin dari kinerja guru dan karyawan, para guru mampu melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran dengan baik, peran guru dan karyawan sangat membantu terlaksananya Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Negeri 9 Surakarta. Kepala sekolah sebagai puncak pimpinan, guru dan karyawan mampu bersinergi dalam mencapai tujuannya dalam memberikan dukungan yang maksimal terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sistim Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Sumber Daya Manusia, Kurikulum KBK.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 08:30
Last Modified: 15 Nov 2010 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6837

Actions (login required)

View Item View Item