KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA MADRASAH (Studi Tentang Pengelolaan Madrasah Pada MTs N Prembun Kabupaten Kebumen)

TOHARI , AKHMAT (2006) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGELOLA MADRASAH (Studi Tentang Pengelolaan Madrasah Pada MTs N Prembun Kabupaten Kebumen). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040060.pdf

Download (76kB)
[img] PDF
Q100040060.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah dalam penelitian ini merupakan bentuk pendidikan dasar yang menyelenggarakan program pendidikan tiga tahun yang berciri khas agama Islam diselenggarakan oleh Departemen Agama Republik Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dua hal pokok. Pertama, Profil MTs N Prembun, termasuk didalamnya mendeskripsikan sumber-sumber pendukung untuk mencapai prestasi. Kedua, karakteristik kepemimpinan kepala madrasah dalam mengelola madrasah, termasuk didalamnya mendeskripsikan , inisiatif, dan kreatifitas kepala madrasah dalam mengelola madrasah, peran dan sifat unik kepemimpinan kepala madrasah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang dilakukan pada MTs Negeri Prembun Kabupaten Kebumen, serta menggunakan rancangan penelitian studi kasus. Rancangan studi kasus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik sampling secara purposif (purposeful sampling) yaitu dengan mengumpulkan data seluas-luasnya untuk dipersempit dan dipertajam sesuai fokus penelitian yaitu profil madrasah dan kepemimpinan kepala madrasah dalam mengelola Madrasah Tsanawiyah Negeri Prembun. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) Observasi Partisipan; (2) wawancara mendalam; (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian diorganisir, ditafsirkan, dan dianalisis secara berulang-ulang, guna penyusunan konsep dan abstraksi temuan lapangan. Hasil penelitian ini adalah pertama, Profil madrasah yang diteliti mempunyai karakteristik: (1) lokasi madrasah sangat strategis sehingga mudah dijangkau, (2) kualitas bangunan fisik madrasah kuat, megah, didukung lingkungan yang bersih, (3) pemberlakuan rotasi kelas, (4) pengelolaan perpustakaan baik, (5) penyediaan serta pengelolaan sarana prasarana baik, (6) tersediannya sarana ibadah, (7) harapan, dukungan, dari orang tua siswa pemerintah dan masyarakat baik, (8) bekal siswa untuk belajar di madrasah baik, (9) budaya serta nilai-nilai agama mendukung. Kedua, Kepemimpinan kepala madrasah dari ketiga kepala madrasah yang pernah memimpin MTs N Prembun masing-masing mempunyai kelebihan yaitu, (1) kepala madrasah piawai mengkomunikasikan misi, visi, serta tujuan madrasah, (2) kepala madrasah piawai bekerjasama dengan semua komponen madrasah, (3) kepala madrasah piawai menjadi mediator antara madrasah dengan lingkungan, (4) kepala madrasah piawai memanfaatkan sumber informasi untuk memajukan madrasah, (5) kepala madrasah proaktif dalam menghadapi perubahan dan perkembangan pendidikan, (6) kepala madrasah piawai menciptakan iklim kerja yang sehat.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Kepala Madrasah, Pengelolaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 08:00
Last Modified: 15 Nov 2010 09:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6831

Actions (login required)

View Item View Item