Kompetensi Profesional Guru Dalam Kerja Di Sekolah Dasar Negeri Jabung I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen

ANJARSARI , IIN (2006) Kompetensi Profesional Guru Dalam Kerja Di Sekolah Dasar Negeri Jabung I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040040.pdf

Download (70kB)
[img] PDF
Q100040040.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (879kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi profesional guru dalam kerja di SDN jabung I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kompetensi profesional guru dalam kerja di SDN jabung I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Penelitian ini difokuskan pada kompetensi profesional guru dalam kerja di SDN jabung I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif interpresif model Geerta. Pemilihan informan dilakukan secara purposif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Kredibilitas data ditempuh dengan teknik pengecekan data melalui trianggulasi, dan pengecekan informan Penelitian ini menemukan beberapa kesimpulan. Pertama, Secara umum kompetensi profesional guru dalam kerja di SDN jabung I Kecamatan Plupuh Kabupaten Sragen dapat dikatakan baik, namun belum optimal sesuai dengan tugas pokok guru yang dijadikan ukuran dalam melaksanakan kerja. Kedua, para guru di SDN Jabung I memandang kegiatan pembelajaran di sekolah hakekatnya ditentukan oleh kompetensi para gurunya dan didukung serta dilaksanakan oleh seluruh kompnen yang ada di sekolah. Ketiga, Beberapa faktor yang mempengaruhi kompetensi professional guru meliputi : 1. Fisik yang diukur dengan a) sehat jasmani dan rohani, b) berkepribadian yang baik dan luhur, 2.mental/kepribadian, yang diukur dengan, a) berkepribadian/berjiwa pancasila b) mampu menghayati GBHN, 3. keilmuan/pengetahuan yang memadai, diukur dengan a) memahami ilmu yang dapat melandasi pembentukan pribadi pendidikan/ mengajar yang demokratis, b) memahami ilmu pendidikan dan keguruan dan mampu menerapkannya dalam tugasnya sebagai pendidik/mengajar yang demokratis, c) memahami, menguasai serta mencintai ilmu pengetahuan yang akan diajarkan.d) memiliki pengetahuan yang cukup tentang bidang- bidang yang lain.e) senang membaca buku-buku ilmiah. 4. ketrampilan yang cukup, diukur dengan a) mampu berperan sebagai organisator proses mengajar belajar, b) mampu menyusun bahan pelajaran atas dasar pendekatan struktural, interdisipliner, fungsional, berhavior dan teknologi, c) mampu menyusun Garis Besar Program Pengajaran (GBPP), d) mampu memecahkan dan melaksanakan teknik-teknik mengajar yang baik dalam mencapai tujuan pendidikan, e) mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi pendidikan, f) mampu melaksanakan kegiatan dan pendidikan luar sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 07:25
Last Modified: 15 Nov 2010 09:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6824

Actions (login required)

View Item View Item