KEMAMPUAN MANAJERIAL, KEMAMPUAN MOTIVATORIAL, GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 WONOGIRI

HARSONO , BAMBANG (2006) KEMAMPUAN MANAJERIAL, KEMAMPUAN MOTIVATORIAL, GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 WONOGIRI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030072.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
Q100030072.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Besarnya pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Wonogiri, (2) Besarnya pengaruh kemampuan motivatorial kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Wonogiri, (3) Besarnya pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Wonogiri, (4) Besarnya pengaruh kemampuan manajerial, kemampuan motivatorial, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Wonogiri. Populasi adalah seluruh guru PNS pada SMA Negeri 2 Wonogiri yang berjumlah 51 orang, semua populasi tersebut digunakan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data adalah kuesioner. Data dianalisis dengan mempergunakan teknik analisis data regresi berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Rata-rata relatif kemampuan manajerial 81,7 %, kemampuan motivatorial 84,92 %, gaya kepemimpinan 84,91 %, dan kinerja 87,36 %. (2) Uji normalitas, data berdistribusi normal. Uji linearitas, garis regresi tersebut berbentuk linear dan model linear dapat dipakai, Uji autokorelasi, tidak terdapat autokorelasi. Uji multikolinearitas, tidak terdapat multikolinearitas. (3) Uji hipotesis terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan manajerial, kemampuan motivatorial, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah secara bersama- sama dan secara individual terhadap kinerja guru SMA Negeri 2 Wonogiri. Uji F menunjukkan nilai F hitung 68,860 > 4,22 > 2,80 dan nilai p = 0,000. (4) Sumbangan efektif kemampuan manajerial terhadap kinerja guru 22,9 %, kemampuan motivatorial terhadap kinerja guru 16,4 %, dan gaya kepemimpinan terhadap kinerja guru 60,7 %. Total sumbangan efektif sebesar 81,5 %, sisanya 18,5 % disumbangkan oleh variabel lain di luar variabel yang diteliti. Kesimpulan yang dapat diambil adalah semakin tinggi kemampuan manajerial, kemampuan motivatorial, dan gaya kepemimpinan kepala sekolah, maka semakin tinggi kinerja guru yang dipimpin. Untuk itu disarankan kepada kepala sekolah agar lebih meningkatkan kemampuan manajerial, motivatorial dan gaya kepemimpinannya, sehingga dapat meningkatkan kinerja guru yang dipimpinnya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Manajerial, Kemampuan Motivatorial, Gaya Kepemimpinan, Kinerja Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 03:34
Last Modified: 15 Nov 2010 09:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item