PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI 1 ROWOKELE KEBUMEN

SEJATI, SOBARI WALUYO (2006) PENGEMBANGAN BUDAYA MUTU PESERTA DIDIK PADA SMP NEGERI 1 ROWOKELE KEBUMEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030049.pdf

Download (30kB)
[img] PDF
Q100030049.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan budaya mutu peserta didik pada kondisi nyata di SMP Negeri 1 Rowokele Kebumen, yang berkaitan dengan : (1) pengembangan Kerajinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan-kegiatan disekolah, (2) pengembangan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan-kegitan disekolah, dan (3) pengembangan kebersamaan pserta didik dalam membentuk kelompok diskusi belaar di sekolah maupun di rumah. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data adalah Kepala Sekolah, Guru, dan peserta didik SMP Negeri 1 Rowokele. Analisis data menggunakan metode alur, yaitu reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian : (1) Strategi pengembangan kerajinan peserta didik dimotori Kepala Sekolah dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dan keteladanan secara baik dan kondusif. Kerajinan peserta didik digunakan untuk menumbuhkembangkan budaya mutu melalui penenaman keyakinan dan niali- nilai guna peningkatan kualitas sekolah yang ditandai dengan kepuasan pelanggan. (2) strategi pengembangan peserta didik diawali dengan pembuatan tata tertib secara bersama-sama kemudian diikuti sosialisasi dan implementasi tata tertib. Dalam pengembangan kedisiplinan sekolah berusaha menjalin hubungan baik dengan semua warga sekolah, komite, orang tua wali siswa, dan tokoh masyarakat. Kedisiplinan diterapkan guna meminimalkan pelanggaran aturan sekolah serta untuk mendukung budaya mutu siswa sehingga belajarnya bermutu. (3) strategi pengembangan kebersamaan peserta didik diciptakan melalui interaksi antar warga sekolah, terutama antara Kepala Sekolah, guru, dan siswa. Kebersamaan semua warga sekolah diyakini mempunyai budaya dan nilai-nilai berupa solideritas, impati, sopan santun, dan rasa sosial tinggi; sehingga kebersamaan merupakan faktor penting bagi pengembangan budaya mutu belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Budaya Mutu, Kerajinan, Kedisiplinan, Kebersamaan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 03:25
Last Modified: 15 Nov 2010 09:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6815

Actions (login required)

View Item View Item