PERBAIKAN STRUKTUR PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN GEOTEKSTIL (Studi Kasus Ruas Jalan Caruban – Ngawi Km. 158+600 sampai Km. 160+600)

HARIJANTO, SOEGENG and -, Ir. Sri Sunarjono, M.T., Ph.D and -, Ir. Agus Riyanto, M.T. (2018) PERBAIKAN STRUKTUR PERKERASAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN GEOTEKSTIL (Studi Kasus Ruas Jalan Caruban – Ngawi Km. 158+600 sampai Km. 160+600). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
1. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 1)
2. BAB-I.pdf

Download (189kB)
[img] PDF (Bab 2)
3. BAB-II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab 3)
4. BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img] PDF (Bab 4)
BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab 5)
6. BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)

Abstract

ABSTRACT Road segment between Ngawi Caruban Road has a very high traffic and heavy density of heavy vehicles that pass. As the Geotechnical aspects need to be considered this road segment mainly on the existing road body is soft soil type, so there are many problems found in carrying capacity and soft soil stability such as strong support and low shear strength and unstable. If the load has worked on the pile of road bodies, within a certain period of time will occur a decline that will last for a long time. One of the efforts made is to use geosynthetic reinforcement so that it is necessary to evaluate the geosynthetic placement/usage and the setllement that occurs This research was conducted with the concept of evaluating the technique of the method of implementation and evaluation which was started from soil investigation data, laboratory testing, doing reinforcement analysis on the used geotextiles, examining the decrease, and knowing the amount of settlement that happened with the data obtained by basing the soil investigation data from Research and Development Agency (Balitbang) Public Works Department of East Java Province. The results of the research can explain technically in the case of the implementation of road improvement work on soft soil which is increasing the carrying capacity of the soil against the load and to know the amount of settlement occurring on the road under review on road segment based on the results of an analysis of the improvement of the road pavement structure using geotextile on the Caruban - Ngawi Km 158+600 up to Km 160+600 is very effective. This is indicated by the changes after the following improvements : the soil is carrying capacity increases, the condition of the road is more stable, the level of durability of the road is longer, the maintenance of the road is reduced, road users are more comfortable. So that geotextiles are considered very helpful in solving the problems subgrade which is not good in the study area. Keywords: Improovement, Pavement Structure, Geotekstil. Ruas Jalan Ngawi Caruban mempunyai beban lalu lintas yang sangat tinggi dan padat terutama jumlah kendaraan berat yang melintas. Secara aspek geoteknik perlu diperhatikan ruas jalan ini utamanya pada badan jalan yang ada merupakan jenis tanah lunak (soft soil), sehingga banyak ditemukan permasalahan kemampuan daya dukung dan stabilitas tanah lunak seperti kuat dukung dan kuat geser yang rendah dan tidak stabil. Jika beban telah bekerja di atas timbunan badan jalan, dalam kurun waktu tertentu akan terjadi penurunan yang akan berlangsung dalam waktu yang lama. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan perkuatan geosintetik sehingga perlu dievaluasi penempatan/penggunaan geosintetik dan penurunan yang terjadi. Penelitian ini dilakukan dengan konsep mengevaluasi teknik metode pelaksanaan dan evaluasi yang dilakukan diawali dari data penyelidikan tanah, pengujian laboratorium, melakukan analisis perkuatan terhadap geotekstil yang digunakan, melakukan pemeriksaan mengenai penurunan, serta mengetahui besarnya settlement yang terjadi dengan data yang diperoleh dengan mendasarkan data penyelidikan tanah dari Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Dapartemen Pekerjaan Umum Provinsi Jawa Timur. Hasil penelitian yang dilakukan dapat menjelaskan secara teknis dalam hal pelaksanaan pekerjaan perbaikan jalan di atas tanah lunak dengan perkuatan geotekstil, yaitu meningkatnya daya dukung tanah terhadap beban serta mengetahui besarnya settlement yang terjadi pada jalan yang ditinjau berdasarkan hasil analisis perbaikan struktur perkerasan jalan dengan menggunakan geotekstil pada ruas jalan Caruban – Ngawi Km. 158+600 sampai dengan Km. 160+600. dirasa sangat efektif. Hal ini ditunjukkan dengan perubahan - perubahan setelah perbaikan sebagai berikut: Daya dukung tanah meningkat, Kondisi jalan lebih stabil, Tingkat keawetan jalan lebih lama, Perawatan jalan berkurang, Pengguna jalan lebih nyaman. Sehingga Geotekstil dipandang sangat membantu dalam penyelesaian problematik tanah dasar yang tidak baik pada daerah penelitian. Kata Kunci : Perbaikan, Struktur Perkerasan, Geotekstil.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Improovement, Pavement Structure, Geotekstil, Perbaikan, Struktur Perkerasan,
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username s100130009
Date Deposited: 03 Nov 2018 09:51
Last Modified: 03 Nov 2018 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/68137

Actions (login required)

View Item View Item