EVALUASI PELAKSANAAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) PADA SMP NEGERI 1 KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

Ikhsani, Jupri (2006) EVALUASI PELAKSANAAN MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH (MPMBS) PADA SMP NEGERI 1 KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100020069.pdf

Download (80kB)
[img] PDF
Q100020069.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap : 1) dukungan adat istiadat, agama dan keyakinan masyarakat sekitar sekolah; 2) dukungan/partisipasi masyarakat terhadap pendidikan/sekolah; 3) visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah; 4) sumberdaya sekolah yang tersedia; 5) proses pengelolaan program sekolah; 6) proses pertanggungjawaban sekoplah; 7) proses kemandirian sekolah; 8) proses keterbukaan sekolah; dan 9) prestasi akademik dan prestasi non-akademik sekolah dengan adanya pelaksanaan MPMBS di Sekolah. Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan sistem dengan model CIPP (Context, Input, Process, Product) dari Stufflebeam. Obyek penelitian ini adalah sekolah rintisan, yaitu SMP Negeri 1 Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Sebanyak 45 responden yang dijadikan sampel terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan karyawan serta pengurus inti BP3. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif. Data dideskriptifkan pada masing-masing aspek dalam komponen yang dievaluasi, kemudian dibandingkan dengan kriteria yang telah ditentukan, berdasarkan rerata ideal dan simpangan baku ideal yang dapat dicapai instrumen. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: 1) dukungan adat istiadat, agama, dan keyakinan masyarakat terhadap sekolah adalah baik; 2) dukungan masyarakat terhadap sekolah baik berupa pemikiran, dana, maupun sumbangan material (fisik) berupa bahan bangunan cukup baik; 3) input pendidikan seperti visi, misi, tujuan sekolah dan sasaran sekolah adalah baik. Misi sekolah sudah menggambarkan visi sekolah dan mencerminkan akan pelayanan terhadap warga sekolah terutama pelayanan terhadap siswa. Tujuan sekolah dan sasaran sekolah sudah mencerminkan visi dan misi sekolah yang dilaksanakan dalam waktu yang pendek; 4) Sumberdaya sekolah sudah cukup baik untuk menjalankan proses pendidikan dan pengajaran, akan tetapi sumberdaya sekolah ini harus terus menerus ditingkatkan dan diberdayakan; 5) Proses pengelolaan program kerja sekolah sudah berjalan dengan baik karena sudah melibatkan warga sekolah, orang tua siswa dan masyarakat (stakeholders), baik dalam perencanaan maupun pelaksanaannya, 6) Proses pertanggungjawaban (akuntabilitas) sekolah dan keterbukaan sekolah (transparansi) sudah berjalan dengan baik karena semua hasil-hasil program dan keuangan dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan; 7) Proses kemandirian di sekolah ini sudah cukup baik yaitu dengan adanya usaha-usaha terobosan (income generating) dalam meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan. Hasil yang dicapai dengan adanya pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah (MPMBS) ini sangat baik, ditandai dengan adanya peningkatan prestasi akademik dan peningkatan prestasi non-akademik di sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 03:11
Last Modified: 15 Nov 2010 09:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6813

Actions (login required)

View Item View Item