PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK STUDI KASUS PADA PD. BPR. BANK PASAR KABUPATEN KARANGANYAR

Indra S, Dodik Agung (2006) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK STUDI KASUS PADA PD. BPR. BANK PASAR KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
P100030092.pdf

Download (82kB)
[img] PDF
P100030092.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangible terhadap Kepuasan Nasabah Kredit Perorangan dan Kelompok di PD. BPR Bank Pasar Kabupaten Karanganyar. Hasil dari uji parsial Kredit Perorangan, Nilai thitung variabel Reliability dan tangible dari tabel IV.1 sebesar 3,110 dan 4,365 signifikan pada α = 1%. Nilai thitung variabel responsiveness sebesar 2,398; emphaty sebesar 2,077 dan assurance sebesar 2,748 adalah signifikan pada α = 5%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara individual masing-masing variabel mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit perorangan. Hasil dari uji parsial Kredit Kelompok, Nilai thitung variabel Emphaty dan tangible dari tabel IV.1 sebesar 5,322 dan 3,612 signifikan pada α = 1%. Nilai thitung variabel reliability sebesar 1,882; responsiveness sebesar 1,991 dan assurance sebesar 1,710 adalah signifikan pada α = 5%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara individual masing- masing variabel mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit kelompok. Nilai Fhitung Kredit Perorangan sebesar 47,801 adalah signifikan pada α = 1% maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit perorangan secara signifikan, dan nilai Fhitung untuk kredit kelompok sebesar 55,633 adalah signifikan pada α = 1%, maka hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima, yang berarti variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible secara bersama-sama mempengaruhi variabel kepuasan nasabah kredit kelompok secara signifikan. Uji ketepatan model dengan menggunakan koefisien determinasi (R2 ) menunjukkan nilai koefisien determinasi (R2 ) untuk kredit perorangan sebesar 0,898 artinya sebesar 89,8 % variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible mampu mempengaruhi variabel kepuasan nasabah secara signifikan, sedangkan sebesar 11,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model, dan nilai koefisien determinasi (R2 ) kredit kelompok sebesar 0,820 artinya sebesar 82,0 % variabel reliability, responsiveness, emphaty, assurance, dan tangible mampu mempengaruhi variabel kepuasan nasabah secara signifikan, sedangkan sebesar 18,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model. Nilai β (koefisien regresi) yang paling besar dalam kredit perorangan adalah responsiveness (0,382), baru yang kedua variabel tangible (0,367), posisi ketiga variabel reliability (0,315), keempat variabel assurance (0,248), dan yang terakhir adalah variabel emphaty (0,120). Artinya pengaruh secara individual yang paling kuat adalah variabel responsiveness (respons/ketanggapan karyawan), disusul yang kedua variabel tangible (ujud fisik), posisi ketiga variabel reliability (kemampuan), keempat variabel assurance, dan yang terakhir adalah variabel emphaty. Dalam hal ini nasabah perorangan merasa daya tanggap dari karyawan karyawan PD.BPR Bank.Pasar Kabupaten Karanganyar mempunyai pengaruh paling dominan dalam melayani kredit. Nilai β (koefisien regresi) yang paling besar dalam kredit kelompok adalah emphaty (0,367), baru yang kedua variabel tangible (0,295), posisi ketiga variabel responsiveness (0,155), keempat variabel reliability (0,133), dan yang terakhir adalah variabel assurance (0,120). Artinya pengaruh secara individual yang paling kuat adalah variabel emphaty (perhatian), disusul yang kedua variabel tangible, posisi ketiga variabel responsiveness, keempat variabel reliability, dan yang terakhir adalah variabel assurance. Dalam hal ini nasabah kelompok merasa para perhatian/emphaty dari karyawan PD.BPR.Bank.Pasar Kabupaten Karanganyar mempunyai pengaruh paling dominan dalam melayani kredit.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN NASABAH, KREDIT PERORANGAN DAN KELOMPOK
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 May 2010 08:24
Last Modified: 15 Nov 2010 09:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6800

Actions (login required)

View Item View Item