STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT ISLAM MANISRENGGO KLATEN

WIYONO , AZIS SLAMET (2006) STUDI TENTANG KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT ISLAM MANISRENGGO KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
P100030088.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
P100030088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan paramedis, dan kualitas pelayanan penunjang medis terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten. Data-data yang relevan dikumpulkan dengan angket (kuesioner) yang disebarkan kepada responden/konsumen. Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen/pelanggan, dan sebagai sampel diambil dari konsumen yang menggunakan jasa rumah sakit tersebut pada minggu terakhir bulan Nopember dan minggu pertama bulan Desember 2005. Teknik pengambilan sampel yang dipergunakan adalah sampling bertujuan. Metode analisis data yang dipergunakan adalah uji validitas dan reliabilitas kuesioner, analisis regresi berganda, uji t, uji ketepatan model, dan uji asumsi klasik. Hasilnya menunjukkan bahwa kuesioner valid dan reliabel. Uji F menunjukkan bahwa semua variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t menunjukkan bahwa masing-masing variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap variabel kepuasan konsumen pada tingkat signifikansi 10 %. Hasil uji ketepatan model menunjukkan bahwa model yang dipergunakan tepat. Uji asumsi klasik tidak menunjukkan adanya permasalahan. Kesimpulan yang diperoleh dari berbagai hasil tersebut adalah bahwa kualitas pelayanan medis, kualitas pelayanan paramedis, dan kualitas pelayanan penunjang medis memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan konsumen di Rumah Sakit Islam Manisrenggo Klaten.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 May 2010 08:17
Last Modified: 15 Nov 2010 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6799

Actions (login required)

View Item View Item