PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, FAKTOR INDIVIDU, DAN FAKTOR KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI OBAT FARMASI ANTARA APOTEK DI KABUPATEN SUKOHARJO DAN APOTEK DI KOTA SURAKARTA

M U S L I C H A H , M U S L I C H A H (2005) PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, FAKTOR INDIVIDU, DAN FAKTOR KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI OBAT FARMASI ANTARA APOTEK DI KABUPATEN SUKOHARJO DAN APOTEK DI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
P100030078.pdf

Download (64kB)
[img] PDF
P100030078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)

Abstract

Merespon kondisi pasar yang semakin kompetitif dan dampak-dampaknya, perusahaan atau badan usaha harus selalu mengubah strategi dalam pemasaran. Sehubungan dengan itu, maka perlu dianalisis faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan membeli obat. Karena biaya dan waktu yang terbatas bagi penelitian, maka penelitian yang dilakukan hanya tentang sejauh mana faktor lingkungan, faktor individu, dan faktor komunikasi mempunyai pengaruh terhadap keputusan membeli obat. Rumusan permasalahan dalam penelitian ini, yakni apakah variabel faktor lingkungan, faktor individu, dan faktor komunikasi pemasaran mempengaruhi konsumen memutuskan membeli obat farmasi. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh variabel faktor lingkungan, faktor individu, dan faktor komunikasi pemasaran terhadap keputusan membeli obat farmasi, sedangkan hipotesisnya adalah di duga ada pengaruh yang signifikan antara variabel faktor lingkungan, faktor individu, dan faktor komunikasi pemasaran terhadap variabel keputusan pembelian. Dalam Uji Logistik di sini terdiri dari dua kali pengujian dikarenakan pengujian dilakukan di dua tempat yaitu di apotek wilayah Kabupaten Sukoharjo dengan jumlah responden 77 orang dan di apotek wilayah Kotamadya Surakarta dengan jumlah responden 70 orang. Nilai Negelkerke R2 = 0,768 artinya, bahwa variabel-variabel lingkungan (X1), variabel individu (X2), dan variabel komunikasi pemasaran (X3) mampu menjelaskan variasi keputusan pembelian (Y) sebesar 76,8% sedangkan sisanya 23,2% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model. Nilai Hosmer and Lemenshow Test (X2 ) = 0,747 > 0,05 artinya bahwa model yang dipakai dalam penelitian ini cocok atau sesuai dengan data observasi. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa variabel lingkungan (X1) signifikan pada probabilitas 0.041, untuk variabel individu (X2) signifikan pada probabilitas 0.043 dan untuk variabel komunikasi pemasaran (X3) signifikan pada probabilitas 0.036, hal ini menunjukkan bahwa secara individu (parsial) variabel lingkungan (X1), variabel individu (X2), variabel komunikasi pemasaran (X3) mempengaruhi keputusan pembelian obat di apotik wilayah Kabupaten Sukoharjo. Sedangkan hasil penelitian di Kotamadya menunjukkan nilai Negelkerke R2 = 0,885 artinya, bahwa variabel lingkungan (X1), variabel individu (X2) dan variabel komunikasi pemasaran (X3) mempengaruhi keputusan pembelian (Y) sebesar 88,5% sedangkan sisanya 12,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari ketiga variabel tersebut. Hosmer and Lemeshow Test (X2 ) = 0,153 > 0,05 artinya bahwa model yang dipakai dalam penelitian ini cocok atau sesuai dengan data observasi. Adapun dalam penelitian ini tingkat signifikansi (α) yang dipakai adalah 10% (0,10) jadi variabel dikatakan berpengaruh apabila nilai probabilitas > 0,10. Dari hasil analisa data diperoleh bahwa variabel lingkungan (X1) signifikan pada probabilitas 0.067, untuk variabel individu (X2) signifikan pada probabilitas 0.037 dan untuk variabel komunikasi pemasaran (X3) signifikan pada probabilitas 0.077, hal ini menunjukkan bahwa secara individu (parsial) variabel lingkungan (X1), variabel individu (X2), variabel komunikasi pemasaran (X3) mempengaruhi keputusan pembelian obat di apotik wilayah Kabupaten Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan, individu, komunikasi pemasaran, keputusan pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 05 May 2010 08:07
Last Modified: 15 Nov 2010 09:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6797

Actions (login required)

View Item View Item