IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARANGANYAR

HARJONO , HARJONO (2005) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN KARANGANYAR. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030104.pdf

Download (73kB)
[img] PDF
Q100030104.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan nilai-nilai TQM, Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat dalam penerapan nilai-nilai TQM dan Upaya-upaya dalam mengimplementasikan nilai-nilai TMQ pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar. Subyek penelitian ini adalah Kepala Dinas, Ka. Sub Din Tenaga Administrasi, Kepala Sekolah, Guru dan Komite Sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data yang dilakukan : reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Nilai-nilai TQM yang diteliti adalah fokus pada pelanggan, Kerja sama Tim, perbaikan system secara berkesinambungan, pendidikan dan pelatihan, memiliki kesatuan tujuan adanya keterlibatan dan pemberdayaan karyawan. Penelitian menunjukkan bahwa Implentasi nilai-nilai pada umumnya berjalan baik, untuk nilai-nilai kerjasama tim serta keterlibatan dan pemberdayaan karyawan cenderung pada kriteria sangat baik, namun untuk nilai-nilai kepuasan pelanggan, obsesi terhadap mutu, serta pendidikan dan pelatihan pada kriteria baik. Hal-hal yang mendorong implementasi nilai-nilai TQM pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar adalah posisi strategis yakni, suatu lembaga birokrasi dengan pelanggan yang memiliki karakteristik tersendiri yaitu Kepala Sekolah, Guru, Penjaga dan Orang Tua atau Walimurid. Di samping itu juga potensi sumberdaya manusia yang relatif dapat dikembangkan. Faktor yang mendukung terletak pada kebijakan otonomii daerah, perubahan paradigma masyarakat tentang mutu pendidikan, sumber daya manusia, sarana prasarana. Hambatan terletak pada keterbatasan wewenang yang masih dikendalikan oleh instansi vertical di atasnya, sering terjadi pergantian pimpinan serta managemen yang kurang tepat, pendanaan yang terbatas, kebijakan pemerintah jika terjadi perampingan organisasi dalam rangka efisiensi birokrasi. Upaya yang dilakukan dalam Implentasi nilai-nilai TQM dengan sosialisasi, perencanna, pelaksanaan,evaluasi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penerapan nilai-nilai TQM, faktor pendukung, penghambat TQM dan upaya dalam mengimplementasikan nilai-nilai TQM .
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 May 2010 05:27
Last Modified: 15 Nov 2010 10:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6768

Actions (login required)

View Item View Item