PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW DAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS I (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Sukoharjo)

Murniningsih , Indiyah (2005) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW DAN KONVENSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI SISWA KELAS I (Studi Kasus di SMP Negeri 4 Sukoharjo). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030086.pdf

Download (229kB)
[img] PDF
Q100030086.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara metode Cooperative Learning Jigsaw dan Konvensional terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo. 2) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo. 3) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar matematika menurut interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2004/2005. Sampel penelitian sebagian siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo diambil dengan teknik purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner untuk menggali angket motivasi berprestasi dan teknik tes untuk mengetahui prestasi belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada perbedaan pengaruh antara metode Cooperative Learning Jigsaw dan Konvensional terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo. Nilai FoA yang diperoleh yaitu 24,266 berada di atas batas signifikansi, atas dasar taraf signifikansi 5% (3,96) atau diperoleh koefisien signifikan 0,000 < 0,05. Ini dibuktikan dengan Mean dari metode Cooperative Learning Jigsaw sebesar 23,73, sedangkan Mean dari metode konvensional sebesar 20,23. 2) Ada perbedaan pengaruh antara motivasi berprestasi tinggi dengan motivasi berprestasi rendah terhadap prestasi belajar Matematika siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo. Nilai FoB yang diperoleh yaitu 14,534 berada di atas batas signifikansi, atas dasar taraf signifikansi 5% (3,96) atau diperoleh koefisien signifikan 0,000 < 0,05. Ini diketahui dengan Mean motivasi berprestasi tinggi sebesar 23,26, sedangkan Mean motivasi berprestasi rendah sebesar 20,55. 3) Ada perbedaan prestasi belajar matematika akibat interaksi antara penggunaan metode pembelajaran dengan motivasi berprestasi siswa kelas I SMP Negeri 4 Sukoharjo. Nilai FoAB yang diperoleh yaitu 5,717 berada di atas batas signifikansi, atas dasar taraf signifikansi 5% (3,96) atau diperoleh koefisien signifikan 0,019 < 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING JIGSAW, KONVENSIONAL, PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA ,MOTIVASI BERPRESTASI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 Apr 2010 03:30
Last Modified: 15 Nov 2010 10:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6764

Actions (login required)

View Item View Item