PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE–RAYON BARAT KABUPATEN SRAGEN

SUPARNO , EDY (2005) PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMP NEGERI SE–RAYON BARAT KABUPATEN SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030082.pdf

Download (214kB)
[img] PDF
Q100030082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (909kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, motivasi kerja guru, dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru; pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru ; pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru ; dan pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Rayon Barat Kabupaten Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua guru di SMP Negeri se-Rayon Barat Kabupaten Sragen sebanyak 400 orang. Sampel penelitian ini sebanyak 196 orang yang diambil dengan menggunakan tabel Krecjie dan teknik proporsional random sampling secara undian. Teknik pengumpulan data variabel kompetensi guru, motivasi kerja guru, kecerdasan emosional guru, dan kinerja guru digunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) “Ada pengaruh yang signifikan kompetensi, motivasi kerja, dan kecerdasan emosional guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Rayon Barat Kabupaten Sragen” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan Fhitung = 58,340 > Ftabel = 2,66 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan efektif kompetensi guru sebesar 12,100% ; sumbangan efektif motivasi kerja guru sebesar 29,000%, sumbangan efektif kecerdasan emosional guru sebesar 13,600% ; dan sumbangan efektif secara simultan sebesar 47,700%; (2) “Ada pengaruh yang signifikan kompetensi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Rayon Barat Kabupaten Sragen” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan t1 = 4,788 > ttabel = 1,960 pada taraf signifikansi 5%; (3) “Ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Rayon Barat Kabupaten Sragen” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan t2 = 9,673 > ttabel = 1,960 pada taraf signifikansi 5%; (4) “Ada pengaruh yang signifikan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri se-Rayon Barat Kabupaten Sragen” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan t3 = 6,087 > ttabel = 1,960 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: KOMPETENSI, MOTIVASI KERJA, DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU , KINERJA GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 Apr 2010 03:06
Last Modified: 15 Nov 2010 10:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item View Item