MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENGAWAS DALAM RANGKA MENUNJANG KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG OTONOMI BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN KEBUMEN

HARIASTA , DALAIL (2005) MANAJEMEN PEMBERDAYAAN PENGAWAS DALAM RANGKA MENUNJANG KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG OTONOMI BIDANG PENDIDIKAN DI KABUPATEN KEBUMEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030068.pdf

Download (154kB)
[img] PDF
Q100030068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pemberdayaan pengawas dalam rangka menunjang kebijakan pemerintah tentang otonomi bidang pendidikan di kabupaten Kebumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa para pengawas, Kepala Sekolah, dan guru-guru SD jajaran UPT Dinas P dan K Kecamatan Kebumen telah menyadari bahwa peran pengawas telah mengalami pergeseran, yakni tidak hanya menyangkut bidang administrasi, tetapi lebih pada upaya peningkatan profesonalisme guru dalam rangka pelaksanaan tugasnya. Berdasarkan hasil wawancara dengan para pengawas, Kepala Sekolah, dan guru di lapangan dapat diketahui bahwa kunjungan pengawas ke sekolah merupakan cara yang efektif untuk mensosialisasikan berbagai kebijakan pemerintah khususnya tentang otonomi dalam bidang pendidikan, misalnya tentang : Manajemen Berbasis Sekolah ( MBS ), Implementasi Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi, maupun peningkatan Peran Serta Masyarakat ( PSM ) dalam bidang pendidikan. Seringnya kunjungan pengawas ke sekolah / kelas untuk mendiskusikan berbagai hal dengan Kepala Sekolah dan guru serta mencari penyelesaian masalah yang dihadapi mendorong Kepala Sekolah dan guru lebih demokratis dan terbuka serta tidak takut menerima kunjungan pengawas. Di sisi lain pengawas juga lebih bersikap terbuka dan legawa menerima kritik dan saran maupun masukan dari Kepala Sekolah dan guru. Hal ini mendorong terciptanya iklim kerja yang sejuk dan dinamis dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pemberdayaan pengawas, profesionalisme guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 29 Apr 2010 02:43
Last Modified: 15 Nov 2010 10:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6758

Actions (login required)

View Item View Item