PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI KABUPATEN SEMARANG

SUDJARTI, SUDJARTI (2005) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, PENGALAMAN KERJA, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA TUTOR KEAKSARAAN FUNGSIONAL DI KABUPATEN SEMARANG. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030029.pdf

Download (199kB)
[img] PDF
Q100030029.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (737kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan motivasi terhadap kinerja tutor keaksaraan fungsional di Kabupaten Semarang, baik secara partial maupun simultan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain ex post facto. Populasi penelitian adalah seluruh tutor keaksaraan fungsional di Kabupaten Semarang brjumlah 60 orang, sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, sedangkan data hasil penelitian dianalisis dengan bantuan komputer program SPSS baik analisis validitas dan reliabilitas, uji persyaratan analisis maupun uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Ada pengaruh yang siginifikan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan motivasi terhadap kinerja tutor keaksaraan fungsional di Kabupaten Semarang. Besarnya varians kinerja tutor keaksaraan fungsional yang ditentukan tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan motivasi adalah 86,4%, (2) Ada pengaruh yang signifikan dari tingkat pendidikan terhadap kinerja tutor keaksaraan fungsional. Besarnya varians kinerja tutor keaksaraan fungsional yang dipengaruhi atau ditentukan tingkat pendidikan adalah 62,7%, (3) Ada pengaruh yang signifikan pengalaman kerja terhadap kinerja tutor keaksaraan fungsional. Besarnya varians kinerja tutor keaksaraan fungsional yang dipengaruhi atau ditentukan pengalaman kerja adalah 73,9%, (4) Ada pengaruh yang signifikan motivasi terhadap kinerja tutor keaksaraan fungsional. Besarnya varians kinerja tutor keaksaraan fungsional yang dipengaruhi atau ditentukan motivasi adalah 82,1%, dan (5) Sumbangan relatif X1 terhadap Y sebesar 22,6% dan sumbangan efektifnya sebesar 19,5%; sumbangan relatif X2 terhadap Y sebesar 7,8% dan sumbangan efektifnya sebesar 6,7%; sumbangan relatif X3 terhadap Y sebesar 66,9% dan sumbangan efektifnya sebesar 60,1%. Saran yang diajukan: (1) agar para tutor mampu meningkatkan pendidikannya melalui studi lanjut, (2) agar para tutor menerapkan pengelaman kerja secara total sehingga mampu meningkatkan kinerjanya, dan (3) kepada pemerintah untuk dapat meningkatkan motivasi para tutor dengan memberikan tambahan tunjangan dan kenaikan insentif di luar gaji yang diterima tiap bulan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, pengalaman kerja, motivasi, dan kinerja tutor keaksaraan fungsional.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 28 Apr 2010 04:01
Last Modified: 15 Nov 2010 10:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6747

Actions (login required)

View Item View Item