PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU ( Penelitian Pada Guru SMP Negeri se Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen )

P A I D I, P A I D I (2005) PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PENGARUHNYA TERHADAP KINERJA GURU ( Penelitian Pada Guru SMP Negeri se Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030018.pdf

Download (252kB)
[img] PDF
Q100030018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. 2) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. 3) Untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. 4) Untuk mengetahui pengaruh persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Se-Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif deskriptif. Populasi adalah guru SMP Negeri se Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen tahun pelajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik kuesioner dan dokumentasi. Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja, metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui tingkat pendidikan, dan Lembar Penilaian Kinerja Guru (LPKG) digunakan untuk mengetahui kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh yang positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru diketahui untuk thitung sebesar 3,538 dengan koefisien signifikan sebesar 0,001. Nilai thitung tersebut bila dibandingkan dengan nilai ttabel (N=82; p=5%) sebesar 1,67 atau 3,538 > 1,67 dan probabilitas berada di bawah 0,05. 2) Ada pengaruh yang positif motivasi kerja terhadap kinerja guru diperoleh thitung sebesar 2,563 dengan koefisien signifikan sebesar 0,012. Nilai thitung tersebut bila dibandingkan dengan nilai ttabel (N=82; p=5%) sebesar 1,67 atau (2,563 > 1,67) dan probabilitas jauh di bawah 0,05. 3) Ada pengaruh yang positif latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru diperoleh thitung sebesar 5,961 dengan koefisien signifikan sebesar 0,000. Nilai thitung tersebut bila dibandingkan dengan nilai ttabel (N=82; p=5%) sebesar 1,67 atau 5,961 < 1,67 dan probabilitas berada di bawah 0,05. 4) Hasil analisis diperoleh koefesien korelasi ganda Ry(1,2,3) sebesar 0,710. Hasil analisis juga diperoleh harga F sebesar 26,385 dikonsultasikan dengan nilai Ftabel t.s. 5% = 2,72. Ada pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru memiliki koefisien probabilitas sebesar 0,000. Oleh karena probabilitas (0,000) jauh lebih kecil dari 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi kinerja guru. Atau dapat dikatakan, persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan latar belakang pendidikan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru. Koefisien parsial persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah sebesar 3,72 dengan probabilitas sebesar 0,01 dan thitung untuk sebesar 3,538. Koefisien parsial motivasi kerja sebesar 2,79 dengan probabilitas sebesar 0,12 dan thitung sebesar 2,563. Koefisien parsial latar belakang pendidikan sebesar 5,59 dengan probabilitas sebesar 0,00 dan thitung sebesar 5,961. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa latar belakang pendidikan mempunyai pengaruh paling besar terhadap kinerja guru, lalu diikuti oleh aspek persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Implikasi dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan latar belakang pendidikan terhadap kinerja guru, maka dapat memberikan gambaran pada pihak yang terkait untuk mau dan mampu serta lebih memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru SMP Negeri se Kecamatan Tanon Kabupaten Sragen khususnya meningkat dan lebih baik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: PERSEPSI GURU, KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN , KINERJA GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 28 Apr 2010 02:47
Last Modified: 15 Nov 2010 10:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6740

Actions (login required)

View Item View Item