IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SD ISLAM AL-HILAL DAN SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA

SADIMAN, SRI (2005) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI SD ISLAM AL-HILAL DAN SD NEGERI PUCANGAN 03 KARTASURA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100020081.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
Q100020081.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (723kB)

Abstract

Penelitian ini di samping bertujuan membantu mengembangkan dan meningkatkan kualitas manajemen yang nantinya mengarah pada peningkatan mutu pendidikan, juga bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam MPMBS di sekolah dasar, 2) peran dan fungsi komite sekolah di sekolah dasar, 3) wewenang kepala sekolah dalam mengelola sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan evaluasi input-proses-output. Informan penelitian meliputi kepala sekolah, para guru, para karyawan, para siswa, dan komite sekolah. Setelah data yang terkumpul melalui interview, dokumentasi, dan observasi dirasa telah mencukupi, maka untuk memastikan keabsahan data tersebut, peneliti uji dengan menggunakan teknik trianggulasi Manfaat yang dapat diambil dari penelitian ini adalah untuk: 1) memberi gambaran tentang implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam MPMBS di sekolah dasar, khususnya SD Islam Al-Hilal Kartasura dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura, 2) memberi gambaran tentang peran dan fungsi komite sekolah di SD Islam Al-Hilal Kartasura dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura, 3) memberi gambaran mengenai wewenang dan peran kepala sekolah di SD Islam Al-Hilal Kartasura dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura, 4) memberi gambaran tentang peran masyarakat terhadap sekolah di SD Islam Al-Hilal Kartasura dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) implementasi nilai-nilai yang terkandung dalam MPMBS di SD Islam Al-Hilal dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura masih tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat pada input atau minat pelanggan yang cukup besar. Pengelolaan program kelembagaan dan keuangan cukup terbuka. Output yang diharapkan pun cukup bagus dan dapat dikatakan memenuhi target, karena prestasi yang telah dicapai dan kepekaan sosial yang dimiliki siswanya cukup bagus, 2) peran dan fungsi komite sekolah di SD Islam Al-Hilal Kartasura dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari keanggotaan komite yang belum melibatkan dunia usaha dan siswa, serta jarangnya pertemuan antara pihak komite dengan pihak sekolah termasuk dengan anggota komite itu sendiri, 3) wewenang kepala sekolah di SD Islam Al-Hilal dan SD Negeri Pucangan 03 Kartasura tergolong cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan dan keberanian kepala sekolah dalam mengambil keputusan sesuai dengan tugas dan wewenangnya untuk memajukan sekolah, khususnya di kedua SD tersebut walaupun belum optimal.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: manajemen merupakan refleksi peningkatan mutu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 28 Apr 2010 02:02
Last Modified: 15 Nov 2010 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6736

Actions (login required)

View Item View Item