IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SURAKARTA I

KUWAT, KUWAT (2005) IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI SURAKARTA I. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100020070.pdf

Download (193kB)
[img] PDF
Q100020070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Konsep manajemen berbasis sekolah merupakan satu konsep yang telah berkembang sejak dulu, utamanya di kalangan pesantren yang bercirikan kemandirian, penuh pengabdian dan setia kawan. Manajemen berbasis sekolah merupakan usaha untuk menumbuhkan pendidikan dari bawah, yakni berakar dari masyarakat, atas inisiatif masyarakat, dikelola masyarakat dan untuk kepentingan masyarakat. Dengan adanya manajemen berbasis sekolah ini memberikan kewenangan sekolah untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh lembaga yang bersangkutan. Pemerintah melalui Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2000 menyatakan bahwa untuk peningkatan mutu sekolah di semua jenjang tingkat pendidikan ditempuh dengan pendekatan mutu pendidikan berbasis sekolah dan masyarakat. Penelitian ini ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara umum tentang pelaksanaan peningkatan manajemen mutu berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1, hal ini ditempuh dengan melalui pemahaman warga madrasah dan warga masyarakat terhadap manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah, partisipasi masyarakat, bentuk–bentuk pelayanan akademik dan non akademik. Dalam tesis ini dibahas implementasi MPMBS di Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 . Sebagai kesimpulan akhir dari tesis ini diperoleh hasil bahwa : warga madrasah, masyarakat menyadari arti pentingnya perubahan dalam pendidikan, utamanya manajemen mutu berbasis sekolah disikapi secara positif, kesiapan Madrasah Tsanawiyah Negeri Surakarta 1 dalam manajemen mutu berbasis sekolah nampak pada rencana program pengembangan madrasah, sikap positif masyarakat melalui tokoh-tokohnya terhadap manajemen mutu berbasis sekolah nampak dengan dibentuknya kepengurusan Komite Madrasah , anggaran dasar dan anggaran rumah tangganya, kendala madrasah dalam penerapan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah meliputi : pembagian tugas belum proporsional, perbandingan guru siswa belum ideal, keterbatasan sarana dan subsidi pemerintah.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI MANAJEMEN, PENINGKATAN MUTU, BERBASIS SEKOLAH
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Apr 2010 07:23
Last Modified: 15 Nov 2010 10:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6729

Actions (login required)

View Item View Item