PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU, PENGALAMAN KERJA GURU DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH SE KABUPATEN KLATEN

Sriyono, Sriyono (2005) PENGARUH MOTIVASI KERJA GURU, PENGALAMAN KERJA GURU DAN PROFESIONALISME GURU TERHADAP KINERJA GURU SMK MUHAMMADIYAH SE KABUPATEN KLATEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100020025.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
Q100020025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk (1) mengupas masalah kinerja guru, Motivasi Kerja Guru, Pengalaman Kerja guru dan Profesionalisme Guru serta kinerja guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten, (2) mengetahui pengaruh Motivasi kerja guru, Pengalaman kerja guru dan Profesionalisme guru terhadap kinerja guru, (3) mengetahui besarnya kontribusi Motivasi kerja guru, Pengalaman kerja guru dan Profesionalisme guru terhadap Kinerja guru. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMK Muhammadiyah se- Kabupaten Klaten berjumlah 138 orang, kemudian yang dijadikan sampel secara random sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan dengan angket dan sumber datanya adalah guru. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan analisis regresi ganda tiga prediktor. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa (1) keadaan motivasi kerja guru, pengalaman kerja guru dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru di SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten cukup tinggi, (2) ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru, pengalaman kerja guru dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah se- Kabupaten Klaten, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama, dan (3) besarnya sumbangan efektif motivasi kerja guru terhadap kinerja guru adalah 2,6 % dan sumbangan efektif pengalaman kerja guru terhadap kinerja guru adalah 10,7 % serta sumbangan efektif profesionalisme guru terhadap kinerja guru adalah 38,3 %, dan sumbangan efektif motivasi kerja guru, pengalaman kerja guru dan profesionalisme guru terhadap kinerja guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten , adalah 51,6 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan motivasi kerja guru, pengalaman kerja guru dan profesionalisme guru serta kinerja guru SMK Muhammadiyah se-Kabupaten Klaten perlu dipertahankan dan ditingkatkan melalui perencanaan yang baik. Melihat sumbangan efektif yang diberikan terhadap kinerja guru tersebut, kiranya perlu penelitian lebih lanjut berkaitan dengan peningkatan kinerja guru dengan memperluas variabel independennya.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: MOTIVASI KERJA GURU, PENGALAMAN KERJA GURU DAN PROFESIONALISME GURU, KINERJA GURU
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Apr 2010 07:16
Last Modified: 15 Nov 2010 10:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6728

Actions (login required)

View Item View Item