ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF GEOMETRIK JALAN ( STUDI KASUS : RUAS NGAWI – MANTINGAN )

KITTIJAH , MARIJATOEL (2006) ANALISIS TINGKAT KECELAKAAN LALU LINTAS DITINJAU DARI PERSPEKTIF GEOMETRIK JALAN ( STUDI KASUS : RUAS NGAWI – MANTINGAN ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
bab1.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Marijatoel Kittijah, 2006, Analisis Tingkat Kecelakaan Lalu Lintas Ditinjau Dari Perspektif Geometrik Jalan (Studi Kasus : Ruas Ngawi-Mantingan). Penelitian dilakukan untuk mengetahui lokasi Daerah Rawan Kecelakaan ( Black Spot ) di Ruas Ngawi – Mantingan serta untuk mengetahui hubungan antara faktor geometrik jalan, volume lalu lintas dan kapasitas jalan terhadap terjadinya kecelakaan. Metode penelitian dilakukan dengan survei dan analisis data. Survei dilakukan utnuk mencari data primer, yaitu data waktu tempuh rata-rata dan marka jalan. Data sekunder berupa data geometrik jalan, LHR, dan rambu lalu lintas diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jawa Timur, sedangkan data kecelakaaan lalu lintas diperoleh dari Kepolisian Resort Ngawi. Analisis data kecelakaan dengan metode EAN dilakukan untuk menentukan lokasi Daerah Rawan Kecelakaan, yang kemudian pada lokasi tersebut dilakukan analisis geometrik jalan, volume dan kapasitas jalan serta uji statistik untuk mengetahui hubungan faktor geometrik jalan terhadap terjadinya kecelakaan. Berdasarkan metode EAN , Daerah Rawan Kecelakaan terletak pada lokasi Km.S.by. 190+000-193+000, 194+000-195+000, 196+000-197+000, 209+000- 210+000, 211+000-212+000 dan 214+000-215+000. Uji statistik dilakukan dengan uji korelasi r, diperoleh r hitung dibandingkan rα tabel adalah 0,02 < 0,40. Uji signifikasi t, diperoleh t hitung dibandingkan tα tabel adalah 0,09 < 1,72, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti bahwa faktor geometrik jalan tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap terjadinya kecelakaan, sedangkan untuk volume lalu lintas dan kapasitas jalan, berdasarkan analisa data diketahui terdapat hubungan dengan terjadinya kecelakaan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: analisis, kecelakaan lalu lintas, geometrik jalan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 22 Apr 2010 08:50
Last Modified: 15 Nov 2010 10:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6714

Actions (login required)

View Item View Item