PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MURID KELAS V SD MUHAMMADIYAH KEBAGUSAN PEMALANG

SALAMAH, MUFLIKHATUS (2008) PENERAPAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MURID KELAS V SD MUHAMMADIYAH KEBAGUSAN PEMALANG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030184.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita melalui RME. Subjek pelaksana tindakan adalah guru matematika kelas V SD Muhammadiyah Kebagusan Pemalang, subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah Kebagusan Pemalang yang berjumlah 26 siswa, dan subjek yang mengamati pelaksanaan tindakan adalah peneliti. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, review, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) kemampuan siswa dalam memahami soal cerita meningkat dari 19,23% menjadi 88% pada putaran III, (2) kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita meningkat dari 11,54% menjadi 80% pada putaran III. Kesimpulan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dapat ditingkatkan melalui penerapan RME.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan siswa, soal cerita, RME.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 21 Nov 2008 02:30
Last Modified: 17 Nov 2010 10:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/671

Actions (login required)

View Item View Item