Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Surakarta

Setiawan, Zaki and -, Prof. Dr. Sutama, M.Pd and -, DR Sofyan Anif (2018) Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 6 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (683kB)
[img] PDF (BAB 1)
BAB I.pdf

Download (173kB)
[img] PDF (BAB 2)
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] PDF (BAB 3)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 4)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (311kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB 5)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy
[img] PDF (NASAKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI baru.pdf

Download (207kB)
[img] PDF (SUARAT PERNYATAAN)
surat pernyataan zaki.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus Penelitian ini yaitu pengelolaan dana BOS di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta mulai tahap perencanaan dilanjutkan pelaksanaan dan diakhiri pelaporan dana BOS. Tujuan penelitian ini adalah meneliti bagaimana perencanaan, realisasi dan pelaporan dana BOS di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta menggunakan parameter yaitu PERMENDIKBUD No: 26 2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dan pendekatan etnografi. Data primer diperoleh dari informan yaitu kepala sekolah, komite sekolah dan majlis dikdasmen PDM Surakarta dan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berasal dari SMP Muhammadiyah 6 Surakarta. Pengambilan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling yaitu Purposive Sampling. Teknik analisa data menganut model Miles and Huberman. Analisa terdiri dari tiga unsur yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan member check dengan triangulasi. Penyusunan RKAS yang disusun oleh SMP Muhammadiyah 6 Surakarta mengacu PERMENDIKBUD No : 26 Tahun2017 adalah penyusunan RKAS mengacu kepada metode penyusunan anggaran Line Item Budget . Penyusunan RKAS yang sudah ketinggalan zaman. SMP Muhammadiyah 6 Surakarta mengelola jumlah siswa sedikit. Hal ini secara teori dan praktek akan menghasilkan mutu sekolah yang lebih baik karena pengelolaan sekolah lebih terkontrol. Karena dana BOS dihitung berdasarkan jumlah siswa maka sulit mewujudkan SMP Muhammadiyah 6 Surakarta yang lebih bermutu. Karena Juknis BOS masih menggunakan metode penyusunan anggaran yaitu Line Item Budget . Akibatnya, SMP Muhammadiyah 6 Surakarta masih mengalami kesulitan pendanaan. Pengelolaan dana BOS di SMP Muhammadiyah 6 Surakarta sudah sesuai aturan yang berlaku berarti pengelolaan dana BOS SMP Muhammadiyah 6 Surakarta itu sudah akuntabel. Pengelolaan dana BOS SMP Muhammadiyah 6 Surakarta masih perlu dilakukan audit. Sehingga laporan pengelolaan dana BOS benar-benar valid sesuai aturan. Ini bermakna bahwa supervisi dan audit menjadi urgen dalam penggelolaan dana BOS. Penulis menyarankan kepada pemerintah untuk meningkatkan efektifitas dana BOS dengan melakukan revisi dan perbaikan Juklak/Juknis yang tertuang di Permendiknas. Efektifitas dana BOS terletak di pengelolaan dana BOS. JUKNIS dana BOS harus mengubah metode penyusunan anggaran dari Line Item Budget menjadi Perfomance Based Budget.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Line Item Budget, Perfomance Based Budget, Audit, Akuntabel, Efektif, Efisien, Transparan,
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with username q100110083
Date Deposited: 12 Sep 2018 07:59
Last Modified: 12 Sep 2018 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/67085

Actions (login required)

View Item View Item