PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N I Ngrampal Sragen)

PURWANTI, TUTIK (2008) PENERAPAN METODE COLLABORATIVE LEARNING SEBAGAI USAHA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N I Ngrampal Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030149.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui metode collaborative learning. Peningkatan hasil belajar siswa berdasarkan empat aspek yaitu aspek motivasi, keaktifan, kemandirian, dan kemampuan matematika. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII B SMP N 1 Ngrampal Sragen, obyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B sejumlah 40 siswa dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan,test dan dokumentasi. Analisis data secara diskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah : 1) peningkatan motivasi belajar siswa diakhir penelitian mencapai 31 siswa (77,5 %), 2) peningkatan keaktifan siswa mencapai 8 siswa (20 %), 3) peningkatan kemandirian siswa mencapai 34 siswa (85 %), 4) peningkatan kemampuan matematika siswa di akhir penelitian dengan standar nilai = 6,00 mencapai 33 siswa (82,5 %). Dari penelitian ini diperoleh bahwa metode collaborative learning dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, keaktifan, kemandirian dan kemampuan matematika siswa. Dengan adanya peningkatan keempat aspek tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika juga mengalami peningkatan yang cukup berarti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil-Belajar, Pembelajaran-Matematika, Collaborative-Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Nov 2008 06:32
Last Modified: 17 Nov 2010 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/667

Actions (login required)

View Item View Item